Lion Air Pastikan Pesawat yang Batal ke Surabaya Laik Terbang

by

in

JawaPos.com- Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group memberikan keterangan resmi mengenai penanganan operasional dan penumpang rute Bandar Udara Eltari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (KOE) tujuan Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) dengan nomor terbang JT-693 pada Minggu (26/ 02).

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan penyelesaian urusan penerbangan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Danang memastikan bahwa pesawat PK-LQS jenis Boeing 737-900ER yang membawa 163 penumpang, yang seharusnya berangkat pukul 06.15 WITA (GMT+08) dalam kondisi prima.

Sebelum keberangkatan penerbangan pukul 06.15 WITA (GMT+ 08), Lion Air melakukan prosedur untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan. Diantaranya, pemeriksaan pesawat awal (pre-flight procedure) secara menyeluruh oleh teknisi dan pilot. Untuk menjamin semua sistem dan komponen pesawat berfungsi dan bekerja dengan baik.

“Hasilnya pesawat laik terbang dan aman dioperasikan (airworthy for flight). Lalu, Penanganan dan pemeriksaan seluruh penumpang dilakukan petugas keamanan,” jelas Danang.

“Setelah proses menaikkan penumpang (boarding) selesai, seluruh penumpang telah duduk dan pesawat di dorong mundur (pushback) untuk bersiap menuju landas pacu (runway),” tambah Danang.

Sebelumnya, PK-LQS jenis Boeing 737-900ER yang membawa 163 penumpang itu batal terbang dari Kupang menuju Surabaya. Berdasarkan laporan awal karena salah satu penumpang yang duduk di nomor 9D mengaku ponselnya (handphone) mengeluarkan asap. Kemudian ponsel tersebut dilempar ke lantai kabin. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Dimas Nur Aprianto


Credit: Source link