Mayoritas Gaya Hidup Milenial Kekinian Lebih Ramah Lingkungan

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 membuat seseorang saat ini lebih sadar kesehatan. Salah satunya dengan mengubah gaya hidup dengan cara yang lebih sehat dan ramah lingkungan.

Dalam ajang Playfest 2022: Reactivate Your Sense, Danone-AQUA bersama Max Mandias yang merupakan Healthy Food Educator sekaligus Co-founder Burgreens dan Vania Herlambang selaku Puteri Indonesia Lingkungan 2018, mengadakan diskusi mengenai bagaimana tren gaya hidup ramah lingkungan terus meningkat dan pola konsumsi sadar lingkungan menjadi sebuah standar baru.

Jajak pendapat yang dilakukan ajang Playfest 2022: Reactivate Your Sense, Danone-AQUA bersama Max Mandias, menyatakan bahwa pelaku usaha atau brand ramah lingkungan lebih disukai oleh Gen Z dan milennial. Hal itu tercermin dari jawaban 89,7 persen responden yang mengakui nilai tersebut sebagai kriteria penting dalam memilih suatu produk atau layanan.

Pada jajak pendapat tersebut, 98,9 persen partisipan menyatakan bahwa mereka mulai menyadari pentingnya untuk memilih, membeli, dan mengkonsumsi produk-produk yang diolah secara berkelanjutan. Sebanyak 96,7 persen dari mereka juga mempertimbangkan untuk memilih membeli produk dari produsen yang telah melakukan berbagai inisiatif keberlanjutan dibandingkan perusahaan yang belum memperhatikan faktor keberlanjutan dalam operasional bisnisnya.

Sebanyak 91,6 persen bahkan melakukan riset terlebih dulu sebelum membeli suatu produk. Tak hanya itu, 89,4 persen dari partisipan juga mengaku bahwa mereka sudah menerapkan gaya hidup #BijakBerplastik.

“Data tersebut menunjukkan bahwa generasi muda Indonesia siap melakukan aksi nyata untuk memberikan kontribusi pada lingkungan dengan cara menggunakan produk atau layanan yang lebih ramah lingkungan,” kata Flora Tobing dari Danone-AQUA kepada wartawan baru-baru ini.

Tips Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Melalui program lainnya, yaitu #bottle2fashion, kampanye ini mengolah limbah recycled plastic (polyester) sebagai bahan untuk produk-produk fashion. Puteri Indonesia Lingkungan 2018 Vania Herlambang mengatakan dirinya juga terus konsiten menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

“Maka ada beberapa hal yang simple yang bisa kita lakukan sebagai anak muda,” kata Vania.

1. Bijaklah dalam membeli produk, pilih produk dari pelaku usaha yang menerapkan 3R (reduce, reuse, recycle) untuk mengelola limbah dari kemasan produknya.

2. Mulailah memilah sampah sejak dari rumah.

3. Tidak memesan makanan secara berlebihan untuk mengurangi food waste yang berdampak pada peningkatan efek rumah kaca dan mencoba menerapkan pola konsumsi yang mengurangi jejak karbon.

Editor : Kuswandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link