Mayoritas Publik Mulai Percaya Parpol

Mayoritas Publik Mulai Percaya Parpol

JawaPos.com – Tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik mengalami peningkatan. Hal itu terungkap dalam hasil survei yang dilakukan Indopol yang dilakukan pada Juni 2022.

“Ini menunjukkan adanya harapan publik kepada parpol sebagai tempat menyalurkan aspirasi,” ujar Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto, dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Selasa (26/7).

Ratno menjelaskan, dari hasil dari survei tersebut, responden mengaku percaya pada partai politik 64,07 persen, sementara yang tidak percaya sebanyak 35,93 persen.

Sementara itu, temuan lain dalam survei ini adalah tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah menurun.

“Approval rating kinerja Jokowi pada Juni 2022  (sebesar 66.42 persen) menurun dibanding Januari 2022 ( sebesar 72.93 persen),” jelasnya.

Menurutnya, sebaran wilayah tingkat kepuasan kinerja Jokowi merata di pedesaan dan perkotaan meskipun lebih banyak sedikit di wilayah pedesaan, untuk wilayah provinsi tersebar di Jawa Tengah-DIY, Jawa Timur, Bali-NTT-NTB, Maluku-Papua dan Banten. Sementara yang menyatakan tidak puas di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan wilayah Sumatera.


Credit: Source link

Related Articles