MD Siapkan GPU Generasi Berikutnya dengan AI & Performa Ekstrem

by

in

JawaPos.com – Tren AI atau Artificial Intelligence tampaknya mulai menjalar ke ekosistem teknologi lainnya. Baru-baru ini, dikabarkan bahwa AMD, raksasa perangkat keras komputer menyebut bahwa mereka akan membuat GPU atau kartu grafis generasi selanjutnya yang akan dibekali AI.

Hal ini disampaikan oleh eksekutif AMD Rick Bergman dan David Wang yang baru saja mengkonfirmasi bahwa GPU generasi berikutnya akan melihat banyak keterlibatan AI. Dan semua kekuatan AI itu akan didasarkan pada arsitektur RDNA 4.

Dilansir dari TechRadar, eksekutif AMD itu bahkan memberi beberapa detail tentang apa yang dapat kami harapkan dari arsitektur. Secara alami, aman untuk mengatakan bahwa akan ada iterasi kedua dari inti Akselerator.

Core ini pada dasarnya adalah jawaban AMD untuk core Nvidia Tensor. Dan mereka pertama kali diperkenalkan di GPU RDNA 3 yang mencakup Radeon RX 7900 XTX yang saat ini menjadi GPU paling terkenal dari AMD. Namun, inti Akselerator AMD masih jauh di belakang inti Tensor Nvidia. Artinya, inti Tensor masih jauh di depan dalam hal proses AI.

Menurut para eksekutif, core AMD Accelerator generasi kedua akan menjadi langkah maju yang besar. Di luar inti ini, para eksekutif tersebut memberi tahu situs web game Jepang 4gamer bahwa GPU baru akan memiliki fitur baru yang bagus. Di antara mereka, yang paling penting adalah pipeline GPU mandiri yang baru.

Itu akan memungkinkan GPU AMD baru untuk melakukan proses rendering dan texturing secara eksklusif. Dengan kata lain, tidak perlu berkomunikasi dengan CPU untuk proses ini. Akibatnya, kecepatan pemrosesan GPU RDNA 4 yang baru dapat mengalami peningkatan besar-besaran.

Ini juga berarti bahwa GPU AMD RDNA 4 tidak memerlukan sistem RAM atau CPU untuk menjalankan sebagian beban kerjanya. Itu secara efektif akan menghilangkan dua potensi traffic sistem dari persamaan.

Tapi berapa banyak kinerja yang bisa kita harapkan dari GPU AMD yang baru ? Nah, menurut Bergman dan Wang, akan ada peningkatan kinerja 2,2 kali lipat yang sangat besar dibandingkan dengan kartu RDNA 3 saat ini. Jika benar, peningkatan ini sangat ekstrem.

Bagaimana dengan bagian AI?
Wang sangat tertarik untuk membahas penerapan AI dalam ruang game. Dalam wawancara dengan 4gamer, wang mendukung bahwa perangkat keras AI seharusnya tidak hanya ada untuk meningkatkan aspek grafis game.

Sebagai gantinya, kemampuan AI AMD yang baru juga dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Ini memiliki sisi baik dan buruk. Bayangkan Anda sedang memainkan game menembak di mana lawan Anda benar-benar didukung oleh AI deep learning.

Dengan kekuatan AMD Accelerators, mereka mungkin benar-benar belajar dan beradaptasi dengan tindakan Anda. Dan ketika itu terjadi, reaksi mereka akan jauh lebih sulit diatasi dari pada teknologi NPC biasa. Namun demikian, kekuatan AI AMD dapat membuat game menjadi lebih menarik.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto


Credit: Source link