Medsos Ubah Wajah Islam Indonesia Makin Ekspresif

by

in
Medsos Ubah Wajah Islam Indonesia Makin Ekspresif

Prof. Dr Martin Slama dari University Of Vienna

Jakarta, Jurnas.com – Dewasa ini banyak sekali jenis ekspresi keislaman di Indonesia. Di Tanah Air, Islam mendapatkan pengaruh dari berbagai belahan dunia, terutama setelah datangnya era digital.

Prof. Dr Martin Slama dari University Of Vienna mengamati dinamika berislam orang Indonesia, dalam kaitannya dengan media sosial (medsos). Dia menemukan, dalam beberapa tahun terakhir, ketergantungan muslim pada medsos makin tinggi.

“Dalam beberapa tahun terakhir, salah satu perubahan paling signifikan dalam bidang Islam di Indonesia adalah meningkatnya ketergantungan muslim pada media sosial” kata Martin dalam konferensi tahunan sarjana Islam dunia Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2019 di Hotel Mercure Batavia, Jakarta, pada Kamis (3/10).

Di kalangan muslim Indonesia terlihat umat Islam sendiri sering menganggap aktivitas online menjadi bagian dari relijiusitas. “Mereka menganggap postingan sebagai upaya yang saleh untuk meningkatkan religiusitas mereka” terang dia.

Menurut pengamatan Martin, Indonesia telah mengalami perubahan sosial dan politik yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir.

Baca juga.. :

Tentang ekspresi keislaman yang cenderung lebih memamerkan ritual peribadahan melalui media sosial, menurut Martin, menjadi gejala yang baru timbul.

Martin Slama yang juga peneliti di Institute for Social Anthropology di Australian Academy of Sciences, meneliti fenomena Islam baru di Indonesia.

Dari risetnya ia menyimpulkan, medsos semakin hari cenderung mengubah wajah islam di Indonesia secara lebih ekspresif.

Berbagai tema mengenai Islam dan era digital dibahas di forum AICIS. AICIS adalah forum kajian keislaman yang telah berjalan sejak 19 tahun lalu. Pada gelaran AICIS ke-19 ini, sekitar 1.700 sarjana studi keislaman berkumpul di Indonesia selama empat hari, pada 1-4 Oktober 2019. Pertemuan ini membahas 450 makalah dari 1.300 yang diseleksi.

TAGS : Media Sosial Islam Indonesia Medsos

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60317/Medsos-Ubah-Wajah-Islam-Indonesia-Makin-Ekspresif/