Menaker Apresiasi Penyerahan Alat Berat ke BLK Morowali

Menaker Apresiasi Penyerahan Alat Berat ke BLK Morowali

JawaPos.com – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerima penyerahan hibah alat berat dari PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) pada Kamis (30/3/2023).

Adapun alat-alat berat yang diserahkan kepada Kemnaker berupa 1 unit Mobile Crane, 1 unit Excavator, 3 unit Dump Truck, 2 unit Wheel Loader, 1 unit Trailer, dan 2 unit Forklift. Nantinya alat-alat berat tersebut akan digunakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Morowali.

Dalam sambutannya Menaker Ida mengapresiasi penyerahan alat-alat dari PT IMIP, ia menyebut alat-alat berat itu akan diarahkan pada pelatihan SDM, termasuk untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten, agar dapat meningkatkan kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan.

“Ini sejalan dengan program pemerintah yang sedang mengembangkan BLK di Morowali, untuk memenuhi kebutuhan kompetensi tenaga kerja dimasa akan datang,” kata Menaker Ida.

Selain itu, Menaker Ida juga mengapresiasi kerja sama Kementerian Ketenagakerjaan dengan Kementerian Perindustrian dan dalam pelatihan sertifikasi kompetensi dan pelaksanaan K3 pada politeknik yang dibina, termasuk diantaranya Politeknik Industri Logam Morowali.

Menaker mengharapkan kerja sama ini tidak berhenti disini, tetapi terus dikembangkan sampai pada implementasinya melibatkan pemerintah daerah. “Kami sangat menghargai bantuan ini sebagai investasi jangka panjang dalam meningkatkan kualitas SDM untuk membangun kompetensi calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri smelter dimasa depan,”ujarnya.

Ida Fauziyah mengharapkan kolaborasi dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dapat terus dilanjutkan, sehingga mampu memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan ketengakerjaan dan perekonomian masyarakat di Morowali, Sulawesi Tengah dan juga Indonesia.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM, R. Nurul Fitriana Putri


Credit: Source link

Related Articles