WOM Finance Tebar Dividen Rp 59 Miliar ke Pemegang Saham

WOM Finance Tebar Dividen Rp 59 Miliar ke Pemegang Saham

JawaPos.com – PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) berencana membagikan dividen sebesar Rp 59 miliar atau Rp 17 per lembar saham kepada pemegang sahamnya. Dividen yang dibagikan merupakan 30 persen dari total laba bersih yang dihimpun perseroan sepanjang 2022 yang tercatat Rp 197 miliar, atau tumbuh 79,54 persen dibanding laba tahun 2021 yang tercatat Rp 142 miliar.

Presiden Direktur WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar usai RUPS dan RUPS Luar Biasa perseroabn menjelaskan pembayaran dividen akan dilakukan pada 3 Mei 2023. WOM Finance konsisten dalam memberikan apresiasi atas dukungan para pemegang saham.

Sementara Direktur WOM Finance, Cincin Lisa Hadi menambahkan sepanjang 2022 WOM FInance melaporkan perolehan total laba bersih sebesar Rp 197,60 miliar atau meningkat signifikan sebesar 79,54 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kinerja tersebut didukung oleh peningkatan pendapatan yang diperoleh dari produk multiguna jasa MotorKu dan MobilKu serta pembiayaan motor baru dan MasKu,” imbuh Cincin.

Peningkatan pendapatan, katanya, didukung oleh kenaikan penyaluran pembiayaan sampai akhir tahun 2022 sebesar Rp 4,58 triliun, naik 10,50 persen dibanding tahun 2021 sebesar Rp 4,14 triliun. Sedangkan dari sisi total aset 2022 mengalami pertumbuhan menjadi Rp5,65 triliun naik 9,68 persen dibandingkan tahun 2021,” sambung Cincin.

Sementara itu, total ekuitas Perseroan tercatat sebesar Rp 1,52 triliun. Nilai tersebut bertumbuh 12,61 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp 1,35 triliun. Di akhir tahun 2022, Return on Assets (ROA) Perseroan berada di angka 5,26 persen dan Return on Equity (ROE) tercatat 14,09 persen. Sedangkan Non-Performing Financing (NPF) gross terjaga dengan baik di 1,65 persen.

Untuk mempertahankan posisi Perseroan tetap kuat terutama dalam sisi permodalan, WOM Finance telah menerbitkan obligasi melalui Penawaran Umum Berkelanjutan dengan nama Obligasi Berkelanjutan IV WOM Finance Tahap II Tahun 2022. Jumlah obligasi senilai Rp 800 miliar sejalan dengan kebutuhan likuiditas Perseroan. WOM Finance juga telah melakukan kerjasama dengan sejumlah perbankan dalam fasilitas pembiayaan modal kerja dengan total nilai sebesar Rp 1,99 triliun.

Memasuki tahun 2023, WOM Finance telah menyiapkan berbagai inisiatif dengan melakukan percepatan inovasi digital bagi perusahaan dan konsumen. Kehadiran aplikasi KAWAN yang memiliki beragam fitur semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan transaksi bagi konsumen dan mitra strategis Perseroan.

“Kami senantiasa akan terus mengembangkan bisnis secara berkelanjutan dan bertanggung jawab dengan tetap mengedepankan customer experience dalam mencapai misi menjadi perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia,” katanya.

 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri


Credit: Source link

Related Articles