Moeldoko dorong produsen motor listrik inovasi baterai anti curi

Jakarta (ANTARA) – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong produsen motor listrik untuk membuat inovasi baru terhadap baterai agar aman dari tindak pencurian.

“Memang perlu ada desain baru untuk melindungi baterai, saya pikir produsen harus menangkap masalah itu,” kata dia ditemui di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa.

Imbauan Moeldoko tersebut muncul setelah maraknya kasus pencurian baterai kendaraan roda dua listrik yang dibagikan di media sosial. Kebanyakan dari korban adalah ojek online alias ojol.

Diketahui, saat ini banyak motor listrik memiliki teknologi baterai yang lebih ringkas dan dapat dilepas-pasang secara mandiri tanpa perlu bantuan diler maupun pabrikan.

Baterai tersebut juga merupakan swapabble battery, konsep di mana baterai sepeda motor dapat dilepas dari kendaraan dan digantikan dengan baterai yang terisi penuh di tempat-tempat pengisian terdekat.

Baca juga: Moeldoko sebut insentif EV lebih mendesak ketimbang hybrid

Baca juga: Moeldoko ajak mahasiswa ciptakan komponen kendaraan listrik sendiri

Sistem Ini memungkinkan pengguna untuk mengganti baterai yang habis dengan yang terisi tanpa harus menunggu proses pengisian daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Dengan demikian, pengguna dapat terus melanjutkan perjalanan mereka dengan cepat, sehingga meningkatkan kenyamanan dan fleksibilitas penggunaan sepeda motor listrik.

Namun sayang, sistem yang ditujukan untuk menyokong keringkasan dan kenyamanan pemilik kendaraan justru menjadi masalah baru.

“Karena baterai itu begitu dibuka tempat duduknya memang bisa diambil baterainya, ini juga harus ada (inovasi keamanan baterai), ini perlu dipikirkan, itu kan bagian dari kebutuhan konsumen, bagaimana dia mengamankan, bukan hanya sepeda motor, tapi baterainya juga sekarang,” Moeldoko menambahkan.

Modus pencurian baterai sepeda motor listrik semakin marak terjadi di awal 2024, dan telah banyak memakan korban, utamanya ojol yang kini juga semakin banyak yang menggunakan motor listrik.

Meskipun terdengar baru bagi sebagian masyarakat, kasus ini ternyata telah menjadi langganan terjadi di kalangan pengendara ojol.

Namun bukan hal aneh, pasalnya, masalah serupa ternyata juga terjadi di negara maju seperti Italia. Para pemilik kendaraan listrik di Italia, kini sedang diresahkan oleh sejumlah oknum pencuri baterai kendaraan.

Insiden pencurian komponen utama motor listrik tersebut nyatanya telah terjadi lebih dulu di Milan, Italia, sebagaimana dilaporkan Ride Apart pada April 2022.

Baca juga: Pencurian baterai kendaraan listrik marak di Italia

Baca juga: Kemenperin dorong ada standardisasi baterai motor listrik

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Credit: Source link