Monas dan ”Sempurna” di Coachella 2022

Monas dan ”Sempurna” di Coachella 2022

JawaPos.com – Bangga, senang, terharu. Tiga emosi itu dirasakan banyak orang Indonesia yang menyaksikan festival musik Coachella Valley Music and Arts Festival 2022 atau biasa disebut Coachella, salah satu festival musik bergengsi di dunia.

Sebab, ada tiga musisi Indonesia yang tampil pada hari kedua Sabtu lalu (16/4) waktu setempat atau kemarin (17/4) waktu Indonesia di Empire Polo Club, Indio, California.

Tiga musisi Indonesia itu adalah NIKI, Rich Brian, dan Warren Hue.

Ketiganya tampil dalam sesi 88rising bertajuk Head in the Clouds Forever bersama para artis Asia lainnya di panggung utama. Warren tampil membuka sesi tersebut dengan penampilan rap. Rapper asal Jakarta itu membawakan lagu terbarunya, Runaway W Me, yang dirilis 4 Februari lalu.

NIKI tampil setelah Bibi, solois asal Korea Selatan. Sebelumnya, penyanyi bernama asli Nicole Zefanya itu sempat tampil solo pada hari pertama, Jumat lalu (15/4). Tampil dengan dress terakota, NIKI membawakan beberapa lagu sambil bermain gitar akustik. Beberapa di antaranya adalah Drive On dan Split.

NIKI memberi sebuah kejutan kecil yang semakin membanggakan penonton dari Indonesia. ”Lagu selanjutnya ini adalah lagu untuk keluarga di negaraku,” ujar pelantun Every Summertime itu. Rupanya, NIKI membawakan lagu Sempurna yang dipopulerkan oleh band Andra and The Backbone. Suara NIKI berpadu apik dengan petikan gitarnya saat membawakan Sempurna. Menjadikan lagu yang dirilis pada 2006 itu sebagai lagu Indonesia pertama yang diperdengarkan di Coachella sepanjang masa.

Setelah NIKI, giliran Brian menyemarakkan sesi 88rising. Dengan mengenakan setelan denim, musisi 22 tahun itu tampil mengentak dengan lagu-lagu rapnya. Brian juga tampil solo di panggung Sahara Tent kemarin, beberapa jam setelah sesi 88rising. Kembali mengenakan setelan denim, Brian tampil all-out. Dia membawakan beberapa lagu. Antara lain, Gospel, Cold, Tokyo Drift, 100 Degrees, dan Yellow. Brian juga berkolaborasi dengan rapper asal Kanada, bbno$, untuk lagu Edamame.

”Namaku Rich Brian. Aku dari Jakarta, Indonesia, dan terima kasih telah membuatku mencetak sejarah malam ini,” ujarnya dari atas panggung. Brian tampak sangat bangga dengan identitasnya sebagai warga Indonesia. Hal itu ditunjukkannya dengan membawakan lagu New Tooth.

Penampilan penyanyi bernama asli Brian Imanuel itu semakin berkesan saat dia memunculkan salah satu ikon Indonesia. Yakni, Monumen Nasional (Monas). Monas ditampilkan Brian melalui layar LED yang menjadi background panggung.

”Aku agak gelisah kemarin karena ini pengalaman pertama,” ungkap Brian dalam sesi tanya jawab bersama Veronica de la Cruz sebelum tampil. Brian mengaku berhasil mengatasi kegelisahannya dengan menonton penampilan musisi lain di Coachella 2022. Salah satunya, NIKI yang tampil solo sebelum Brian pada hari pertama. ”Jadi, aku bisa merasakan pengalaman dari sudut pandang penonton dan memberiku ide seperti apa penampilanku hari ini,” ujarnya.

Brian teringat masa-masa saat dirinya pertama datang di Amerika Serikat (AS). Pada 2017, dia tiba di Miami untuk bertemu tim 88rising. Sejak saat itulah karier Brian di AS dimulai. ”Ini gila. Aku di Amerika sekitar 5 atau 6 tahun, tapi ini pertama kalinya aku berada di Coachella, rasanya seperti flashback,” katanya.

Tampil di Coachella juga memiliki makna tersendiri bagi Brian. Pelantun Dat $tick itu merasa telah menyelesaikan tugas dengan baik. Brian lantas teringat salah satu momen di masa kecilnya. Yakni, ketika dia melihat aktor laga Joe Taslim yang mampu bermain di film Hollywood (Fast & Furious 6). ”Itu pertama kalinya aku melihat orang Indonesia hadir di karpet merah Hollywood. Aku merasa sangat iri dan termotivasi secara bersamaan. Itu pertama kalinya aku merasakan bahwa aku mungkin bisa seperti itu,” ujar Brian.


Credit: Source link

Related Articles