Nissan produksi dua sedan listrik di Pabrik Mississippi mulai 2026

Nissan produksi dua sedan listrik di Pabrik Mississippi mulai 2026
Jakarta (ANTARA) – Nissan sedang mengubah pabriknya di Canton, Mississippi Amerika Serikat untuk era kendaraan listrik, dengan rencana untuk memproduksi dua sedan listrik baru di fasilitas tersebut pada 2026.

Perusahaan berjanji menginvestasikan 500 juta dolar untuk mengubah fasilitas tersebut menjadi pusat produksi kendaraan listrik Nissan di Amerika Utara.

Sejak dibuka pada musim semi 2003, pabrik ini telah memproduksi lebih dari 5 juta truk, crossover, dan van bertenaga bensin. Dua dekade kemudian, fasilitas seluas 4,7 juta kaki persegi ini sedang dipersiapkan untuk membangun kendaraan listrik.

Pada pertengahan dekade ini, produksi akan dimulai untuk beberapa kendaraan listrik baterai pertama untuk merek Nissan dan Infiniti.

“Canton akan menjadi pusat elektrifikasi Amerika Utara selama lima hingga enam tahun mendatang. Di sinilah kami akan membawa platform baru dan teknologi baru,” kata pimpinan produksi dan rekayasa Nissan North America, David Johnson kepada Automotive News.

Baca juga: Investor Nissan setujui manajemen baru, pengaruh Renault berkurang

Nissan bukan pendatang baru dalam membangun kendaraan listrik, karena telah meluncurkan hatchback Leaf lebih dari satu dekade yang lalu.

Produsen mobil Jepang ini bertekad untuk mengambil pelajaran dari proyek tersebut dan menerapkannya pada proyek baru ini, yang dikatakan terdiri atas kendaraan listrik baterai yang kompetitif, baik dari segi peralatan maupun desain.

“Mereka semua menggunakan platform baru, teknologi baru, dan konektivitas yang lebih baik,” kata Johnson.

Baca juga: Upaya Nissan menekan harga kendaraan energi baru lebih murah

Nissan tidak akan mengubah pabrik Canton menjadi pabrik yang hanya memproduksi kendaraan listrik, setidaknya untuk saat ini. Produsen mobil ini akan membangun kendaraan listrik bersama sedan bertenaga bensin Altima di salah satu jalur perakitan pabrik.

Menurut jadwal produksi versi pemasok, kendaraan listrik pertama yang dibuat di Canton akan berupa dua sedan listrik pada tahun 2026, diikuti oleh dua crossover listrik pada tahun 2027 dan 2028.

Uji coba produksi kendaraan listrik dijadwalkan dimulai pada akhir tahun 2025 atau awal tahun 2026, tetapi peralatan produksi kendaraan listrik akan tiba pada tahun depan, hal ini akan memberikan waktu bagi teknisi untuk berlatih. Demikian seperti disiarkan Inside Evs, Jumat (7/7).

Baca juga: Nissan kenalkan kendaraan listrik baru khusus untuk pasar China

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link

Related Articles