Obat Antivirus Paxlovid Diizinkan Dikonsumsi Anak 12 Tahun ke Atas

Paxlovid dari Pfizer. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Sebagai salah satu upaya menangkal varian Omicron, Amerika Serikat mengizinkan obat COVID-19 keluaran Pfizer Inc yang berbentuk pil, dikonsumsi bagi mereka yang berusia 12 tahun ke atas. Obat antivirus bernama Paxlovid itu diklaim hampir 90 persen efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian pada pasien dengan risiko tinggi penyakit parah, menurut data dari uji klinis perusahaan.

Data lab terbaru menunjukkan bahwa obat tersebut tetap efektif melawan Omicron, kata Pfizer dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (23/12).

Pfizer menaikkan proyeksi produksi pada tahun 2022 menjadi 120 juta dari sebelumnya hanya 80 juta pil, dan mengatakan siap untuk memulai pengiriman di Amerika Serikat. Sebelumnya, ada obat antivirus yang juga digadang-gadang sebagai obat COVID-19 yakni ritonavir.

Koordinator respons COVID-19 Gedung Putih Jeff Zients mengatakan pemerintah AS akan memiliki 265.000 kursus perawatan yang tersedia pada Januari dan pasokan akan meningkat di bulan-bulan berikutnya. Pemerintah mengharapkan akan mengadakan 10 juta kursus yang telah dipesan dalam waktu enam bulan.

Pfizer mengatakan memiliki 180.000 kursus perawatan yang siap dikirimkan tahun ini. Kontrak pemerintah AS untuk 10 juta kursus obat dihargai 530 dolar AS per kursus. Keputusan Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan otorisasi darurat untuk perawatan itu hadir ketika AS memerangi lonjakan kasus COVID-19 yang didorong oleh varian Omicron, dengan Presiden Joe Biden mengumumkan rencana untuk lebih banyak vaksinasi dan situs pengujian federal.

Obat ini dapat mengisi celah pengobatan yang dibuka oleh varian Omicron, kata William Schaffner, ahli penyakit menular terkemuka dari Vanderbilt University School of Medicine. Perawatan antibodi monoklonal yang paling banyak digunakan untuk COVID-19 terbukti kurang efektif dalam memerangi varian dan ada persediaan terbatas dari satu perawatan tersisa yang berfungsi, katanya.

Antibodi monoklonal biasanya diberikan secara intravena di rumah sakit, tidak tersedia secara luas dan lebih dari dua kali harga pil Pfizer.

Varian Omicron, pertama kali di identifikasi di Afrika selatan dan Hong Kong pada bulan November, telah menyebar ke seluruh dunia dan sekarang merupakan lebih dari 70 persen kasus virus corona baru di Amerika Serikat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Infeksi dan vaksin sebelumnya telah ditunjukkan dalam penelitian hanya sebagian mencegah infeksi dari varian, meskipun suntikan booster memang meningkatkan perlindungan.

FDA mengatakan pihaknya mengizinkan Paxlovid untuk penggunaan darurat untuk pengobatan penyakit ringan hingga sedang pada orang dewasa dan anak-anak berusia 12 tahun ke atas yang berisiko tinggi untuk berkembang menjadi COVID-19 yang parah.

Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter dan harus dimulai sesegera mungkin setelah diagnosis COVID-19 dan dalam waktu lima hari setelah timbulnya gejala, kata FDA. Pil dimaksudkan untuk diminum setiap 12 jam selama lima hari.

Sementara uji klinis tidak termasuk pasien di bawah usia 18 tahun, kata Pfizer, rejimen dosis orang dewasa yang berwenang diharapkan menghasilkan tingkat konsentrasi obat yang sebanding dalam darah pada pasien anak 12 dan lebih tua dengan berat setidaknya 40 kg (88,2 lbs).

Obat kedua, ritonavir, diketahui berinteraksi dengan beberapa obat resep lainnya. Pfizer mengatakan bahwa itu harus dapat dikelola dan menyarankan sebagian besar pasien akan dapat menurunkan dosis obat mereka yang lain saat dirawat untuk COVID-19.

Pfizer mengatakan pihaknya berencana untuk mengajukan aplikasi obat baru dengan FDA pada tahun 2022 mencari persetujuan peraturan penuh. Pfizer telah setuju untuk mengizinkan produsen generik untuk memasok versi pengobatan ke 95 negara berpenghasilan rendah dan menengah melalui perjanjian lisensi dengan kelompok kesehatan masyarakat internasional, Medicines Patent Pool (MPP).

Pil saingan dari Merck & Co (MRK.N) sedang ditinjau oleh FDA. Obat, molnupiravir, yang dikembangkan dengan Ridgeback Biotherapeutics, mengurangi risiko rawat inap dan kematian sebesar 30% dalam uji coba. (kmb/balipost)

Credit: Source link