OJK Sebut Sektor Perbankan Stabil, Siap Kerek Perekonomian Nasional

OJK Sebut Sektor Perbankan Stabil, Siap Kerek Perekonomian Nasional

JawaPos.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat hingga Januari 2022, sektor keuangan tetap stabil dan terus bertumbuh. Hal ini tercermin dari meningkatnya fungsi intermediasi di sektor perbankan.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo mengatakan, nilai transaksi dan penghimpunan dana di pasar modal juga meningkat. Keadaan ini seiring dengan kinerja OJK, terkendalinya pandemi, pulihnya mobilitas, dan meningkatnya kegiatan perekonomian.

“Tekanan dari sisi perekonomian baik domestik maupun global juga terpantau rendah seiring tekanan pada global supply chain yang mulai mereda,” kata Anto, Kamis (3/3).

Sementara itu, ketahanan sektor keuangan ikut terjaga meski perlu tetap mencermati perkembangan risiko kredit ke depan. Profitabilitas dan efisiensi sektor keuangan pun tetap baik dan pergerakan pasar keuangan relatif stabil, sejalan dengan tren historisnya.

OJK juga mencatat aktivitas perekonomian global semakin pulih, meski sedikit tertahan imbas penyebaran varian Omicron yang ditandai indeks kepercayaan konsumen dan penjualan ritel yang melambat kendati masih di zona positif. Perekonomian global juga masih dibayangi oleh rencana normalisasi kebijakan moneter di AS yang cukup agresif, dan gejolak akibat invasi Rusia ke Ukraina yang mendorong peningkatan harga komoditas.

Untuk tingkat kepercayaan investor dan terkendalinya penanganan kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia juga telah mendorong IHSG menguat. Volatilitas di pasar keuangan domestik yang mulai mereda mendorong meningkatnya aktivitas investor asing di pasar saham, maupun surat utang atau SBN. Ini ditandai dengan kepemilikan asing yang meningkat secara year to date.


Credit: Source link

Related Articles