Pasangan yang Belum Punya Anak Stres Ditekan Lingkungan Sosial

Pasangan yang Belum Punya Anak Stres Ditekan Lingkungan Sosial

JawaPos.com – Setelah menikah, babak baru yang akan dihadapi oleh pasangan adalah soal memiliki anak. Pertanyaan yang paling menghantui para pasangan setelah menikah adalah soal kapan punya momongan. Pertanyaan itu seringkali membuat stres pasangan yang belum memiliki momongan.

Saat memiliki momongan, para orang tua membutuhkan persiapan yang matang, baik dari segi finansial, emosional, dan psikologis dari istri maupun suami. Usia istri serta kesehatan reproduksi istri dan suami juga jadi faktor penentu keberhasilan punya anak. Di sisi lain, ada pula pasangan yang memutuskan untuk menunda punya anak setelah menikah.

“Penundaan itu ada beberapa tujuan, memang ingin menunda punya anak, ada yang ingin memberi jarak punya anak, ada juga yang tidak ingin punya anak. Berbagai macam kebutuhan,” ujar Ahli Kesehatan dr. Yassin Yanuar MIB, SpOG-KFER, MSc., seperti keterangan resmi Teman Bumil, Jumat (24/12).

Keputusan rentang waktu untuk menunda punya anak setelah menikah sendiri amat beragam pada setiap pasangan. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Teman Bumil dan Populix, 63 persen dari 119 pasangan ingin menunda punya anak selama 10-12 bulan, 16 persen selama 4-6 bulan, 11 persen selama 0-3 bulan, dan 10 persen 7-9 bulan. Alasannya pun berbeda-beda, ada yang ingin hidup berdua dulu, belum siap secara finansial, ingin fokus berkarier, ingin melanjutkan pendidikan, dan lain sebagainya.

Pasangan Mendapat Tekanan

Saat ditanyakan kepada 119 partisipan survei yang memutuskan untuk menunda punya anak setelah menikah, sebanyak 33 persen mengaku mendapatkan tekanan sosial akibat keputusan yang dibuat. Paling banyak dilontarkan oleh kenalan seperti tetangga, teman di media sosial, dan lain-lain, yang memberikan tekanan kepada mereka, yaitu sekitar 38 persen.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles