Pemerintah Targetkan KEK Sanur Bali Beroperasi Penuh pada Januari 2024

Pemerintah Targetkan KEK Sanur Bali Beroperasi Penuh pada Januari 2024

JawaPos.com – KEK Sanur, Bali yang didesain menjadi sebagai kawasan ekonomi khusus kesehatan pertama di Indonesia ditargetkan bisa beroperasi penuh pada Januari 2024. Adapun penyelesaian dari masing-masing proyek di dalamnya ditargetkan pada tahun 2023 secara bertahap.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pembangunan hotel dan convention center akan selesai sekitar Agustus 2023. Sementara rumah sakit akan selesai dibangun pada akhir tahun 2023.

“Targetnya sendiri hotel dan convention itu di Agustus 2023, lalu rumah sakit selesai di November atau Desember 2023 dan beroperasi di Januari 2024 secara keseluruhan,” kata Airlangga dalam kunjungan kerjanya di KEK Sanur Bali, Sabtu (4/2).

Ia menjelaskan, saat ini proses renovasi dan pembangunan masih terus berjalan. Tentunya dengan kehadiran KEK ini diharapkan bakal menambah kelengkapan industri kesehatan di Indonesia.

Terlebih saat ini, kata Ketua Umum Partai Golkar, industri kesehatan yang super spesialis belum banyak tersedia di tanah air.

“Adapun KEK Kesehatan Sanur Bali akan menjadi penunjang pengobatan super spesialis didukung oleh Mayo Clinic. Ada beberapa klinik khusus untuk estetika, kanker, onkologi research dan untuk orang tua diuretik yang disiapkan di sini,” jelas Airlangga.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa KEK Sanur ini ke depan akan menambah kelengkapan industri pariwisata di Bali. Sementara dari sisi kesehatannya bisa mendorong pelayanan kesehatan yang first class.

Sehingga, imbuh Airlangga, dengan fasilitas kesehatan yang mumpuni bisa meningkatkan kepercayaan turis untuk datang ke Indonesia yang semakin tinggi.

Lebih jauh ia juga berharap bahwa KEK Sanur bisa direplikasi di tempat lain dan bisa melengkapi fasilitas kesehatan di Indonesia yang cenderung masih terbatas.

“Tentu harapannya ini bisa menjadi satu model yang bisa direplikasi di tempat lain. Kita tahu bahwa jumlah hospital dan center of excellence kita relatif masih terbatas dibandingkan dengan jumlah penduduk,” ungkapnya.

Tak hanya sebagai tempat pengobatan, Airlangga menyebut KEK Sanur Bali diharapkan bisa menjadi tempat penelitian di bidang kesehatan. Antara lain onkologi, kemudian spesialis penyakit-penyakit tertentu.

“KEK ini adalah untuk pertama kali kita mempunyai best practice untuk kesehatan dan di situ juga diharapkan riset-riset kerja sama bisa dikembangkan. Sehingga Indonesia bisa memperoleh intelektual property rights yang berkaitan dengan kesehatan,” tandasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri


Credit: Source link

Related Articles