Penyakit Pes yang Ditemukan di AS Bisa Menular ke Manusia

by

in
Penyakit Pes yang Ditemukan di AS Bisa Menular ke Manusia

Washington Jurnas.com – Seekor tupai terbukti positif terjangkit penyakit pes di Colorado. Pejabat kesehatan mengklaim, tupai itu adalah kasus wabah pertama di The Town of Morrison, Jefferson County, yang berjarak sekitar 17 mil barat daya Denver.

Wabah pes, yang terkenal karena Kematian Hitam yang menyebar ke seluruh Eropa pada pertengahan abad ke-14, disebabkan bakteri Yersinia pestis dan dapat menyebar ke manusia melalui hewan jika tindakan pencegahan tidak dilakukan.

Otoritas kesehatan masyarakat Jefferson County di Colorado, lokasi kasus yang terdeteksi, memperingatkan, manusia dapat terinfeksi wabah melalui gigitan kutu yang terinfeksi, melalui batuk dari hewan yang terinfeksi, atau melalui kontak langsung dengan darah hewan yang terinfeksi.

Otoritas kesehatan itu mengatakan bahwa hewan peliharaan rumah tangga juga terancam terjangkit penyakit tersebut. Salah satu hewan yang paling rentan ialah kucing.

“Kucing sangat rentan terhadap wabah dan dapat mati jika tidak segera diobati dengan antibiotik. Kucing dapat tertular wabah dari gigitan kutu, goresan / gigitan tikus atau menelan tikus. Anjing tidak rentan terhadap wabah, namun, mereka dapat mengambil dan membawa kutu tikus yang terinfeksi penyakit pes,” kata pihak berwenang.

Baca juga.. :

Ia mengimbau agar pemilik hewan yang mencurigai peliharaan mereka terkena wabah segera mengunjungi dokter hewan. Dan, untuk mereka yang hewan peliharaannya tinggal dekat dengan populasi hewan liar harus berkonsultasi dengan dokter hewan tentang cara mencegah kutu untuk membantu mencegah penyebaran virus tersebut.

Pemilik hewan peliharaan yang mencurigai hewan peliharaannya sakit harus berkonsultasi dengan dokter hewan. Semua pemilik hewan peliharaan yang tinggal dekat dengan populasi hewan liar, seperti koloni anjing padang rumput atau habitat satwa liar lainnya yang diketahui, harus berkonsultasi dengan dokter hewan mereka tentang pengendalian kutu untuk hewan peliharaan mereka untuk membantu mencegah perpindahan kutu ke manusia.

“Gejala wabah dapat meliputi timbulnya demam tinggi secara tiba-tiba, menggigil, sakit kepala, mual dan nyeri hebat serta pembengkakan kelenjar getah bening, terjadi dalam dua hingga tujuh hari setelah paparan,” kata pihak berwenang.

Ia manambahkan bahwa wabah dapat diobati secara efektif dengan antibiotik secara dini. Karena itu, siapa pun yang mengalami gejala ini harus berkonsultasi segera mungkin dengan dokter.

Otoritas kesehatan masyarakat mengeluarkan berbagai tindakan pencegahan untuk melindungi orang dan hewan peliharaan dari wabah, menambahkan bahwa risiko tertular wabah rendah jika pedoman diikuti.

1. Pindahkan sumber makanan, tempat tinggal dan akses untuk hewan liar.
2. Jangan memberi makan hewan liar.
3. Buang sampah dari kebun untuk membatasi kunjungan hewan liar.
4. Hindari kontak dengan hewan liar dan binatang mati yang sakit dan mati.
5. Lakukan tindakan pencegahan saat menangani hewan peliharaan yang sakit dan kunjungi dokter hewan.
6. Kunjungi dokter hewan tentang kontrol kutu dan kutu untuk hewan peliharaan.
7. Hindari membiarkan hewan peliharaan berkeliaran bebas di mana mereka berpotensi memiliki pertemuan dengan hewan liar yang terinfeksi dan membawa pulang penyakit.

Kasus penyakit pes juga telah dilaporkan di Tiongkok awal bulan ini. Sebagai tanggapan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa mereka sedang memantau situasi dan siap membantu pihak berwenang jika diperlukan.

“Wabah pes telah bersama kami dan selalu bersama kami, selama berabad-abad. Wabah jarang terjadi, biasanya ditemukan di wilayah geografis tertentu di seluruh dunia di mana wabah itu masih endemik,” kata WHO. (Alrabiya)

TAGS : Penyakit Pes Amerika Serikat Negara Bagian Amerika Serikat Wabah Pes

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/75417/Penyakit-Pes-yang-Ditemukan-di-AS-Bisa-Menular-ke-Manusia/