Potensi Penularan Covid-19 di Tengah Masyarakat Masih Ada

by

in

JawaPos.com – Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan potensi penularan virus SARS-CoV-2 masih ada, meski kondisi testing nasional saat ini cukup memadai.

Wiku di Bali Nusa Dua Convention Center (BDCC), Badung, Bali, Jumat mengatakan jumlah kasus positif pada keseluruhan orang yang dites pada level nasional konsisten menunjukkan tren penurunan.

Akan tetapi tingkat positif mingguan nasional pada pekan terakhir adalah sebesar 0,33 persen. Angka ini, menurut Wiku sedikit lebih tinggi dibandingkan angka mingguan terendah yang pernah dicapai pada Desember 2021, yang bahkan sempat berada di bawah 0,1 persen.

“Angka positivity rate ini menunjukkan bahwa potensi penularan di tengah masyarakat masih ada,” katanya.

Sehingga, dia mengimbau masyarakat untuk tetap mempertahankan kebiasaan hidup yang bersih dan sehat, yang tidak hanya menghindarkan diri dari Covid-19, namun juga berbagai penyakit lain yang sudah ada sebelumnya maupun penyakit-penyakit yang kini merebak.

Wiku mengatakan tidak kalah pentingnya adalah kesadaran tinggi untuk dites usai mengunjungi lokasi keramaian, setelah bepergian jarak jauh serta apabila merasa bergejala. Masyarakat juga dimohon untuk mengisolasi diri jika teridentifikasi positif Covid-19.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Antara


Credit: Source link