Presiden Rouhani: Keluar dari Irak Berarti Trump Memuliakan AS

by

in
Presiden Rouhani: Keluar dari Irak Berarti Trump Memuliakan AS

Presiden Iran Hassan Rouhani berpidato di sebuah acara untuk menghormati para aktivis, produsen di sektor pertanian di Teheran pada 14 Januari 2020. (Foto: President.ir)

Teheran, Jurnas.com – Presiden Iran, Hassan Rouhani memperingatkan Amerika Serikat (AS) untuk mengakhiri intervensi militernya di wilayah tersebut untuk memulihkan keamanan regional dan demi kepentingan Washington sendiri.

“Ketidakamanan yang tidak tertahankan saat ini melanda kawasan itu mengancam Asia, Eropa, dan bahkan AS sendiri karena dapat menyebabkan semua jenis insiden,” kata  Rouhani dalam pertemuan kabinet pada Rabu (15/1).

Rouhani mengatakan, pasukan Washington di wilayah tersebut saat ini dihadapkan dengan rasa tidak aman, yang juga dapat mengancam pasukan Eropa dalam waktu dekat.

“Kembalikan keamanan ini. Kami ingin Anda meninggalkan wilayah bukan dengan perang, tetapi dengan mengambil langkah bijak untuk melakukannya,” katanya.

“Kamu (dirimu) akan mendapat manfaat dari ini. Pergilah ke jalan yang menguntungkan wilayah dan seluruh dunia,” tambahnya.

Baca juga.. :

Rouhani juga menyinggung Republik Islam baru-baru ini terhadap pangkalan AS di Irak barat dan utara, yang datang sebagai pembalasan atas pembunuhan AS terhadap komandan Iran, Letnan Jenderal Qassem Soleimani dan rekannya, di Baghdad pada 3 Januari.

“Kemartiran Jenderal Soleimani tidak akan terjawab. Serangan yang menghantam Airbase Ain al-Assad AS di Provinsi Anbar Irak menunjukkan bahwa kami tidak mundur menghadapi AS dan pasti akan menanggapi kejahatan mereka,” tegasnya.

Terlepas dari pembalasan militer, Rouhani menyarankan, respons nyata akan menjadi upaya kolektif negara-negara kawasan untuk mengusir AS dari kawasan itu.

Rouhani mengatakan, Staf Jenderal Angkatan Bersenjata bertindak tepat dalam mengumumkan penyebab tragedi itu, tetapi Angkatan Bersenjata harus menindaklanjutinya dengan langkah-langkah perbaikan.

“Langkah terakhir akan memastikan bahwa kesalahan itu tidak akan pernah terjadi lagi,” kata Rouhani.

“Upaya yang ditujukan untuk menebus kesalahan tidak seharusnya melemahkan militer negara. Kami membutuhkan dan akan selalu membutuhkan Angkatan Bersenjata kami,” sambungnya.

Rouhani mengatakan bahwa keterlambatan menginformasikan kepada publik tentang keadaan di sekitar kecelakaan itu terjadi karena fakta bahwa penyebab kecelakaan itu pada awalnya tidak masuk akal.

“Tidak ada yang bisa percaya bahwa pesawat lepas landas dari bandara internasional di ibukota, dan terbang pada rute akan ditargetkan,” kata Rouhani. Angkatan Bersenjata, lanjutnya, perlu juga meminta maaf kepada publik atas penyebaran informasi yang terlambat.

Ia mengatakan langkah kompensasi pertama bisa dengan “rajin” menindaklanjuti masalah ini melalui saluran hukum dengan partisipasi Kehakiman, pemerintah, dan Angkatan Bersenjata.

TAGS : Sanksi Amerika Serikat Qassem Soleimani Hassan Rouhani

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/65744/Presiden-Rouhani-Keluar-dari-Irak-Berarti-Trump-Memuliakan-AS/