Profile Program Studi Teknologi Komputer (D3)

Profile Program Studi Teknologi Komputer (D3)

by

in

Anda sedang mencari tempat kuliah untuk program studi teknologi komputer terbaik bisa jadi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) jawabannya. Program studi teknologi komputer UBSI menawarkan jenjang pendidikan strata 1 (S1) dan diploma 3 (D3). Keunggulan prodi teknologi komputer (D3) adalah durasi kelulusan yang lebih cepat dan lebih banyak praktek ketimbang teori.

 

Profile Prodi Teknologi Komputer (D3)

Profile Program Studi Teknologi Komputer (D3)
Andalannews – Foto ilustrasi

Prodi teknologi komputer (D3) ini merupakan bagian dari fakultas teknologi informasi. Jurusan teknologi komputer (D3)  UBSI mendapatkan akreditasi B dari PDDikti. Selain itu ada 82 dosen tetap yang siap menemani mahasiswa menyelesaikan program studi teknologi komputer selama 6 semester.

Perkuliahan untuk prodi teknologi komputer (D3)  dilakukan di kampus utama. Lokasi kampus utama UBSI tersebar di berbagai wilayah Jabodetabek.  Untuk jurusan teknik komputer kegiatan perkuliahan bisa dilakukan di kampus utama kota Tegal, kabupaten Banyumas hingga ibukota Jakarta.

Dalam prodi ini mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah seputar mobile programing, keamanan jaringan komputer, troubleshooting, jaringan nirkabel, rooting dan switching essentials hingga mobile commerce. Mahasiswa juga dituntut mampu mengaplikasikan teori komputer yang telah dipelajarinya melalui praktikum.

Tak hanya itu saja mahasiswa juga harus praktek kerja lapangan agar siap menghadapi dunia kerja pasca lulus dari UBSI. Untuk bisa mendapatkan gelar D3 teknik komputer  mahasiswa wajib menyelesaikan 108 SKS. Mata kuliah seperti praktikum, praktek kerja lapangan serta tugas akhir memiliki bobot SKS terbesar dibanding mata kuliah lainnya.

Selain itu mahasiswa juga akan diajarkan character building, pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, entrepreneurship hingga bahasa inggris agar soft skillnya semakin terasah. Lulusan UBSI khususnya teknik komputer diharapkan unggul dalam segi skill computing dan kepribadiannya.

 

Visi dan Misi Teknologi Komputer (D3)

Program studi teknologi komputer (D3) sendiri membawa visi dan misi sejak pendiriannya. Visi program studi ini adalah mampu mencetak banyak tenaga profesional yang memiliki jiwa entrepreneur. Lulusannya tak hanya handal dan berkompeten namun juga unggul dalam berbisnis. Sementara misi prodi ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan pendidikan (D3) terkait teknologi komputer yang ahli dalam hardware, software dan handal dalam sistem informasi dengan jaringan komputer
  • Mampu melakukan pengabdian masyarakat di bidangnya untuk masyarakat dan industri
  • Dapat melakukan penelitian dalam bidang teknologi komputer serta bekerja sama dengan stakeholder

Tujuan adanya prodi teknologi komputer (D3) selain mencetak lulusan teknologi komputer terbaik juga dapat menghasilkan karya yang bermanfaat untuk masyarakat secara nasional maupun internasional. Lulusan UBSI khususnya jurusan teknologi komputer diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari.

Mendorong pula civitas akademika untuk menghasilkan solusi alternatif yang dibutuhkan masyarakat. Tak heran dengan tujuan tersebut Akreditasi UBSI juga menyandang nilai B dari BAN PT.

Fasilitas yang Didapat Mahasiswa Prodi Teknologi Komputer (D3)

Untuk mendukung kegiatan perkuliahan mahasiswa UBSI khususnya yang mempelajari teknik komputer juga didukung dengan fasilitas kampus yang canggih. Dalam mempelajari mata kuliah multimedia tersedia laboratorium multimedia. Untuk setiap kelas disediakan DLP Projector & Sound System.

Ruang kelas disediakan AC demi mendukung kenyamanan kegiatan perkuliahan. Tersedia pula beragam beasiswa bagi mahasiswa pilihan dan perpustakaan serta pusat dan pameran karir yang disediakan oleh BSI Career Center (BCC)

Terdapat banyak laboratorium yang mendukung praktikum prodi teknologi komputer (D3). Beberapa laboratorium yang dimiliki fakultas teknik diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Laboratorium Komputer Linux.
  • Laboratorium Teknik (Elektronika & Jaringan Komputer)
  • Laboratorium Multimedia
  • Laboratorium Computer Typing dan masih banyak lagi lainnya

Mahasiswa prodi teknologi komputer juga disediakan BSI Startup Center (BSC) dan BSI Entrepreneur Center (BEC). Lembaga ini mendukung minat dan bakat mahasiswa untuk mengembangkan bisnis sedari duduk dibangku kuliah. Tak hanya dalam mendirikan UKM saja namun juga membuat startup impiannya.

Dengan bergabung dengan lembaga tersebut mahasiswa prodi teknologi komputer akan didampingi dalam mencari investor. Tak hanya itu saja mahasiswa juga diajarkan digital marketing sehingga produk yang mereka buat bisa lekas dikenal publik.

 

Prospek Kerja Lulusan Teknologi Komputer (D3)

Lulusan teknologi komputer bisa bekerja di berbagai jenis perusahaan. Apalagi dengan berkembang pesatnya teknologi saat ini mendukung lulusan prodi teknologi komputer sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Berikut beberapa prospek kerja lulusan prodi teknologi komputer yang bisa Anda simak dibawah ini :

1. Supervisor Teknisi Komputer

Lulusan teknologi komputer kedepannya memiliki prospek kerja sebagai supervisor teknisi komputer. Pekerjaannya seputar menyediakan layanan perbaikan perangkat lunak, piranti keras maupun sistem komputer yang ada dalam perusahaan. Selain itu Anda juga bertanggung jawab atas petunjuk teknis terkait komputer kepada user.

2. Mobile Computing

Lulusan teknologi komputer kedepannya memiliki prospek kerja sebagai supervisor teknisi komputer. Pekerjaannya seputar menyediakan layanan perbaikan perangkat lunak, piranti keras maupun sistem komputer yang ada dalam perusahaan. Selain itu Anda juga bertanggung jawab atas petunjuk teknis terkait komputer kepada user.

3. Network Administrato

Profesi ini pada dasarnya bertanggung jawab atas piranti lunak dan keras dari jaringan komputer. Anda bertugas untuk melakukan pemantauan, pemeliharaan hingga konfigurasi peralatan jaringan dalam perusahaan. Tenaga ahli ini dituntut untuk mengetahui tentang technology routing & switching.

4. Birokrat & Akademisi

Tak hanya itu saja lulusan teknik komputer mampu bekerja di pemerintahan maupun sebagai tenaga pengajar. Ilmu yang didapat selama kuliah bisa diimplementasikan untuk membantu meningkatkan pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat.

5. Wiraswasta Teknologi Komputasi

Lulusan teknologi komputer juga bisa menjadi wiraswasta yang mengimplementasikan ilmunya dalam menghasilkan perangkat komputer. Apalagi didukung dengan materi kuliah entrepreneur selama kuliah. Tentunya dalam membangun usahanya Anda sudah memiliki modal dasar.

 

Ingin kuliah program studi teknologi komputer terbaik maka ambilah program studi teknologi komputer UBSI.

 

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Dimana Perkuliahan prodi teknologi komputer (D3)  dilakukan?” answer-0=”Perkuliahan untuk prodi teknologi komputer (D3)  dilakukan di kampus utama. Lokasi kampus utama UBSI tersebar di berbagai wilayah Jabodetabek.” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Apa Visi dan Misi dari Program Studi Teknologi Komputer?” answer-1=”misi prodi ini diantaranya adalah Menyelenggarakan pendidikan (D3) terkait teknologi komputer yang ahli dalam hardware, software dan handal dalam sistem informasi dengan jaringan komputer Mampu melakukan pengabdian masyarakat di bidangnya untuk masyarakat dan industri Dapat melakukan penelitian dalam bidang teknologi komputer serta bekerja sama dengan stakeholder.” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Apa Tujuan adanya prodi teknologi komputer(D3)?” answer-2=”Tujuan adanya prodi teknologi komputer (D3) selain mencetak lulusan teknologi komputer terbaik juga dapat menghasilkan karya yang bermanfaat untuk masyarakat secara nasional maupun internasional.” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]