Program Mobil Rakyat akan berdampak positif bagi pasar otomotif 2022

Jakarta (ANTARA) – Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Budi Mahendra mengatakan, program mobil rakyat yang diusulkan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dapat membawa pengaruh positif terhadap pasar otomotif Indonesia di tahun 2022.

“Kami beranggapan bahwa program mobil rakyat bila bisa segera direalisasikan akan memberikan dampak yang sangat positif bagi pertumbuhan otomotif di tahun ini,” kata Budi Mahendra saat konferensi pers virtual pada Kamis.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), sebagaimana dilansir dari laman resminya, memprediksi pasar otomotif tahun ini dapat mencapai 900 ribu unit.

Baca juga: Penjualan Daihatsu Xenia naik berlipat November

“Untuk Daihatsu sendiri, kita sudah coba membuat beberapa simulasi untuk mempertimbangkan kira-kira kapan sih program mobil rakyat ini akan disetujui. Kami mengerti pemerintah memerlukan waktu untuk merealisasikan program ini,” ujar Budi.

Budi melanjutkan, Daihatsu telah membuat tiga pendekatan, yakni pendekatan secara optimis, moderat, dan pesimis.

Pendekatan optimistis, kata Budi, mengasumsikan program mobil rakyat dapat segera terwujud setidaknya pada Februari 2022 sehingga penjualan bisa mencapai 900 ribu unit seperti yang target GAIKINDO.

Sedangkan pendekatan moderat, mengasumsikan program itu terealisasi pada pertengahan tahun 2022 dan pasar mobil diprediksi akan mencapai 850 unit, sedikit lebih rendah dari target yang diharapkan.

Baca juga: Daihatsu pamerkan Ayla terbaru di GIIAS 2021

Adapun pendekatan pesimis, lanjut Budi, mengasumsikan bahwa program mobil rakyat tidak akan berjalan pada tahun ini sehingga pasar otomotif hanya akan mencapai 800 ribu unit, turun sekitar tujuh persen dibandingkan tahun lalu.

“Daihatsu berharap semoga program mobil rakyat dapat segera diwujudkan dan pasar otomotif Indonesia dapat terus tumbuh,” kata dia.

Diketahui bahwa pada awal tahun 2022, produsen otomotif khususnya Daihatsu juga melakukan penyesuaian harga sejalan dengan peraturan pemerintah terkait implementasi pajak baru.

Budi menuturkan, penyesuaian harga terdapat pada model LCGC (mobil murah ramah lingkungan) seperti Sigra dan Ayla sebesar 3 persen, serta mobil penumpang lainnya seperti Terios, Xenia, Rocky, Gran Max, dan Luxio mulai dari 15 hingga 20 persen.

Baca juga: Daihatsu ingin pertahankan peringkat sebagai nomor dua pada 2022

Baca juga: Penjualan ritel Daihatsu tembus 151 ribu unit sepanjang 2021

Baca juga: Daihatsu Rocky sematkan ragam fitur untuk kenyamanan berkendara

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link