Robby Purba Puasa Bicara Agar Maksimal Menyulih Suara Film Animasi

Robby Purba Puasa Bicara Agar Maksimal Menyulih Suara Film Animasi

JawaPos.com – Pembawa acara sekaligus aktor Robby Purba menjadi dubber atau pengisi suara dalam film animasi Kiko in the Deep Sea garapan rumah produksi MNC Animation dan MNC Pictures. Sehari sebelum take vocal, dia mengaku puasa bicara.

Robby Purba memang sengaja mengirit suaranya dengan maksud mempersiapkan diri menghilangkan gaya bicaranya, sehingga bisa masuk ke dalam karakter Paman Nerio.

“Kalau misalkan mau take di hari Senin, hari Minggu aku puasa bicara karena aku tidak menggunakan vokal yang asli. Ditambah lagi suaranya yang serak-serak di karakternya,” kata Robby Purba di bilangan Kota Casablanka Jakarta Selatan, Kamis (16/2).

Menjadi dubber, diakui pria 36 tahun itu bukanlah perkara gampang. Dia dituntut memiliki theater of mind yang canggih. Berbeda dari berakting seperti di film, menjadi dubber pada kenyataannya hanya berhadapan dengan mikrofon sebagai lawan bicara.

Robby pun merasa beruntung memiliki pengalaman sebagai penyiar radio yang memang dituntut memiliki theater of mind yang keren. “Kita harus ngebayangin masuk ke dalam set, nggak mudah untuk membayangkan itu,” ujar Robby Purba.

Tantangan yang dirasakan Robby Purba menjadi seorang dubber yaitu harus mempertahankan suara yang sama meskipun proses pengambilan suaranya dilakukan pada hari berbeda. “Kita ada vocal director agar vokal kita lebih terarah, ada proses reading juga. Tantanganmya jaga vokal karena take tidak sehari, tapi ada sekitar 3 minggu. Harus jaga agar vokal kita agar tetap sama,” jelasnya.

Dia mengaku pekerjaan sebagai dubber cukup sulit sekaligus menantang. Kendati demikian, Robby Purba merasa ketagihan untuk profesi yang satu ini.

“Nggak tiba-tiba ditunjuk, aku juga ikut casting, kirim vokal juga. Bukan karena Robby sudah ada nama di panggung, (tapi) ikut casting juga dan bertanding dengan yang lainnya,” tandasnya.

Selain Robby Purba, sejumlah artis yang ikut menjadi penyulih suara dalam film animasi Kiko in the Deep Sea adalah Arbani Yasiz, Felicya Angelista, Anastasia Amelia, dan yang lainnya. Film animasi ini akan tayang di bioskop mulai 23 Februari 2023.


Credit: Source link

Related Articles