SAIC Motor letakkan batu pertama di kawasan energi baru Thailand

Bangkok, Thailand (ANTARA) – Produsen mobil asal China, SAIC Motor, pada Minggu (30/4) memperluas portofolionya di Thailand dengan memulai pembangunan sebuah kawasan industri energi baru sebagai bagian dari rencana pengembangan jangka panjangnya di negara Asia Tenggara tersebut.

Dengan luas 120.000 meter persegi, kawasan energi baru yang terletak di Zona Khusus Koridor Ekonomi Timur di Provinsi Chon Buri itu dilengkapi dengan pabrik baterai daya, lini produksi untuk komponen kendaraan listrik (electric vehicle/EV), halaman penampung peti kemas, serta gudang logistik untuk meningkatkan efisiensi transportasi.

Kawasan industri tersebut diperkirakan akan menarik para pemasok komponen utama dan semakin meningkatkan kemampuan rantai pasokan setelah rampung dibangun nanti.
 

   Zhao Feng, presiden SAIC Motor-CP, sebuah perusahaan patungan antara SAIC Motor Corp dan Charoen Pokphand Group, mengatakan bahwa kawasan industri baru itu akan memberikan dukungan penting bagi transformasi Thailand menuju masyarakat “hijau dan rendah karbon”.   Thailand mengincar untuk menjadi pusat produksi EV, dengan EV menyumbang 30 persen dari total output kendaraannya pada 2030.

Merek MG milik SAIC, yang memasuki pasar Thailand pada 2013, menjadi salah satu merek paling populer di kalangan konsumen Thailand, dengan lebih dari 180.000 pengguna di negara tersebut, kata Zhao.
 

   Thailand mengincar untuk menjadi pusat produksi EV, dengan EV menyumbang 30 persen dari total output kendaraannya pada 2030.   Menurut data yang dirilis pada Kamis (27/4), registrasi EV baru di Thailand terus meningkat pada kuartal pertama tahun ini. Pada Maret, registrasi kendaraan listrik baterai (battery electric vehicle/BEV) baru mencapai rekor tertinggi sebanyak 8.522 unit.

Sebagai hasil dari kebijakan stimulus dan subsidi pemerintah, preferensi untuk mobil listrik menguat secara signifikan di kalangan produsen maupun konsumen kendaraan listrik dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan lalu, raksasa mobil listrik China lainnya, BYD, mengadakan upacara peletakan batu pertama untuk pembangunan pabriknya di Thailand. Menurut jadwal, pabrik tersebut akan mulai berproduksi pada 2024, dengan kapasitas tahunan sebesar 150.000 unit kendaraan energi baru.
 

   Menurut data yang dirilis pada Kamis (27/4), registrasi EV baru di Thailand terus meningkat pada kuartal pertama tahun ini. Pada Maret, registrasi kendaraan listrik baterai (battery electric vehicle/BEV) baru mencapai rekor tertinggi sebanyak 8.522 unit

Dalam pameran otomotif di Bangkok, yang ditutup sebelumnya pada April, SAIC menerima hampir 4.000 pesanan, menduduki peringkat ketiga di antara semua produsen mobil yang berpartisipasi, demikian Xinhua dikutip Senin.

 

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link