Scout Volkswagen akan bangun pabrik Rp30,6 triliun di Carolina Selatan

Jakarta (ANTARA) – Merek off-road Scout Motors mengatakan akan membangun pabrik manufaktur senilai 2 miliar dollar AS (Rp30,6 triliun) di dekat Columbia, Carolina Selatan, Amerika Serikat untuk memproduksi truk dan SUV.

Investasi tersebut berpotensi menciptakan 4.000 atau lebih pekerjaan tetap dan lebih dari 200.000 kendaraan Scout dapat diproduksi setiap tahun di fasilitas tersebut.

Pada bulan Mei, Volkswagen mengatakan akan memperkenalkan kembali merek off-road Scout di Amerika Serikat, menawarkan pikap listrik dan kendaraan sport (SUV) baru, seperti dilaporkan Reuters pada Jumat (3/3).

Baca juga: Amazon kirim barang di California pakai robot Scout

Peletakan batu pertama direncanakan pada pertengahan 2023 dan produksi diproyeksikan akan dimulai pada akhir 2026. Scout, sebuah perusahaan independen AS yang dimiliki oleh Volkswagen Group, saat ini sedang mengevaluasi potensi investasi dari luar.

“Kami menata ulang kepintaran asli Scout dan menggemparkan masa depannya,” kata Kepala Eksekutif Scout, Scott Keogh.

Volkswagen beralih dari mobil di Amerika Serikat karena menambahkan lebih banyak model listrik. SUV sekarang menyumbang sekitar 80 persen dari penjualan merek VW dan Audi di AS. Volkswagen terakhir menjual pikap di Amerika Serikat pada awal 1980-an.

Kendaraan Scout dan Travelall yang dibuat oleh International Harvester merupakan pelopor dalam fungsi dan gaya SUV populer dari Tiga Besar pembuat mobil Detroit seperti Ford F.N Bronco dan General Motors GM.N Chevrolet Suburban.

Harvester berhenti membangun Scout and Travelall pada tahun 1980 setelah guncangan harga minyak pada pertengahan 1970-an saat mengalami restrukturisasi.

Tapi “tampilan” Scout tetap hidup di kendaraan seperti Bronco Ford serta jajaran pickup dan SUV Rivian.

Volkswagen pertama kali mengungkapkan sedang mempertimbangkan untuk menggunakan nama Scout pada akhir tahun 2021. Perusahaan mengakuisisi pembuat truk AS Navistar pada tahun 2020, yang memiliki nama tersebut. 

Baca juga: Volkswagen akan bangun pabrik di AS untuk produksi Scout EV

Baca juga: Indian Motorcycle akan luncurkan Sout Rogue tahun ini

Baca juga: VW siapkan SUV Scout, penantang Ford dan Rivian EV

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link