Sebelum Lebaran Tahun Ini, Cakupan Vaksinasi Dosis 2 Ditarget 70 Persen

Sebelum Lebaran Tahun Ini, Cakupan Vaksinasi Dosis 2 Ditarget 70 Persen
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 untuk disuntikkan pada penerima. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Hingga saat ini pemerintah telah menyuntikkan hingga 344 juta dosis vaksin COVID-19, baik untuk dosis pertama maupun dosis kedua. Cakupan dosis pertama mencapai 190,67 juta dosis atau 91,55 sedangkan dosis kedua 143,78 juta atau 69,04 persen.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Minggu (27/2), dalam keterangan pers daring mengatakan ditargetkan pada April depan capaian vaksinasi dosis 2 sudah mencapai 70 persen. “Mudah-mudahan kali ini kalau hasilnya baik, yang Lebaran kali ini kita bisa hadapi dengan berbeda dibandingkan Lebaran-Lebaran sebelumnya, dengan kondisi bahwa harus dilakukan percepatan vaksinasi dosis kedua,” tandasnya.

Sudah 2 Lebaran di 2020 dan 2021, Indonesia menjalaninya dengan pengetatan mobilitas. Sebab, dalam 2 kali Lebaran itu, kasus COVID-19 selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Namun, diharapkan pada Lebaran kali ini yang jatuh pada 2-3 Mei, ada pelonggaran mobilitas karena tingkat vaksinasi dosis lengkap sudah mencapai 70 persen sesuai syarat memperoleh herd immunity.

Dikatakan Menkes Budi pula dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kemenkes akan melakukan survei serologi sebagai dasar dalam mengeluarkan kebijakan pada masa lebaran. “Kita akan melakukan sero survei bulan Maret ini agar nanti di bulan April kalau bisa sudah keluar hasilnya sebagai dasar kami mengambil kebijakan terkait dengan masa sebelum Lebaran,” jelasnya.

Menkes juga menyampaikan pemerintah berupaya mengakselerasi vaksinasi karena jumlah pasien meninggal terbanyak adalah mereka yang belum divaksinasi, belum divaksinasi lengkap, memiliki komorbid, dan kelompok masyarakat lanjut usia (lansia). “Vaksinasi lansia dan juga kelengkapan dosis vaksinasi itu merupakan prioritas untuk kita lakukan sama-sama,” imbuhnya. (Diah Dewi/balipost)

Credit: Source link

Related Articles