Selamatkan Peternak, PKB Borong Ribuan Ayam untuk Korban PHK

by

in
Selamatkan Peternak, PKB Borong Ribuan Ayam untuk Korban PHK

PKB Borong Ayam untuk masyarakat korban Covid-19

Jakarta, Jurnas.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan aksi Borong Ayam, dengan membeli ribuan ayam potong langsung dari peternak untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat yang tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19 atau wabah virus Corona.

Sekjen DPP PKB, M Hasanuddin Wahid mengatakan, pembelian ribuan ayam potong ini untuk membantu peternak ayam yang mengalami kerugian lantaran harga jual ayam menurun drastis. Bahkan banyak peternak ayam yang terpaksa gulung tikar.

Di sisi lain, jelas Hasanuddin, daya beli masyarakt juga menurun, bahkan banyak yang kesulitan ekonomi akibat maraknya PHK sejak wabah virus corona merebak, ditambah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Sesuai arahan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (AMI), maka PKB membeli ayam kepada peternak lansung, kemudian kita bagikan kepada masyarakat korban PHK terdampak Corona,” ungkap Sekjen DPP PKB, M. Hasanuddin Wahid saat menyerahkan Ayam potong, di Jakarta, Jumat (24/4/2020).

Terkiat proses distribusinya, Hasanuddin menjelaskan tim PKB peduli akan bergerak dari rumah ke rumah untuk membagikan daging ayam kepada warga yang tidak mampu, dan korban PHK terdampak Covid-19 di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga.. :

PKB sendiri telah membeli 4000 ekor ayam langsung dari peternak di Boyolali dan Klaten, Jawa Tengah. Maklum, para peternak sedang terpuruk karena harga ayam potong melorot ke angka Rp8000-Rp10.000/kg di kandang. Padahal biaya produksinya mencapai Rp18.000/ekor dengan usia pemeliharaan 45 hari.

PKB berinisiatif membeli ayam petani sebanyak 4000 ekor. Dibagikan kepada korban PHK yang didata oleh DPC-DPC PKB di Jakarta. Hal ini untuk meringankan beban pangan mereka sekaligus membantu peternak,” jelas Hasanuddin.

PKB pun berharap pemerintah mau membeli ayam dari peternak dengan harga minimal balik modal. PKB pun meminta agar ayam dan telur diikutkan sebagai komponen bansos Covid-19, bersama dengan beras, gula, dan sembako lainnya.

Sementara itu, seorang peternak ayam, Jamaluddin, mengaku seneng dengan progam PKB Kerja Peduli Peternak Ayam. Program ini sangay membantu peternak ayam yang terpukul akibat Covid-19.

“Terimakasih Cak Imin, kami dari peternak sangat di bantu sekali dengan program bansos PKB, semoga PKB selalu jaya,” kata Jamal.

Kata Jamal harga ayam saat ini ditingkat peternak hanya Rp14.000 per kilogram. Ia pun membandingan harga ayam pada Ramdhanan tahun lalu.

“Menjelang bulan puasa Ramadhan biasanya harga ayam mencapai Rp 30.000/kilogram. Semoga Corona ini cepat berlalu, biar kami berternak tidak waswas lagi,” pungkas Jamal.

TAGS : Peternak PHK PKB Muhaimin Iskandar Hasanuddin Wahud

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/71152/Selamatkan-Peternak-PKB-Borong-Ribuan-Ayam-untuk-Korban-PHK/