Setahun Covid-19 di Indonesia, dari 2 Kasus di Kemang Hingga 1,3 Juta

by

in

JawaPos.com – Tepat 2 Maret 2020 lalu, Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang pertama terinfeksi Covid-19 di tanah air. Mereka adalah ibu dan anak yang berprofesi sebagai penari, asal Depok, Jawa Barat. Kasus kali pertama ditemukan di Kemang, Jakarta Selatan. Setahun sudah berlalu, kini kasus Covid-19 di tanah air mencapai 1.341.314 orang terkonfirmasi positif hingga Senin (1/3).

Virus Korona SARS-COV-2 pertama kali dilaporkan muncul di Wuhan, Tiongkok, sejak Desember 2019. Virus mematikan itu, muncul awalnya dari Pasar Basah Wuhan. Semula gejala klasiknya adalah demam, batuk, dan sesak napas. Namun seiring berjalannya waktu, pasien mengalami gejala lainnya seperti gangguan pencernaan, kehilangan bau, masalah kulit, dan gangguan organ lainnya.

Indonesia pertama kali mengumumkan kasus Covid-19 ditemukan di tanah air melalui pemeriksaan dengan metode tes PCR. Ketika itu pada 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus tersebut.

Baca Juga: 3 Keluhan Ini Bisa Terjadi Pada Mata Saat Terinfeksi Covid-19

Presiden Jokowi mengklaim sejak awal pemerintah serius dan sangat ketat mengikuti protokol kesehatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang berkaitan dengan virus Korona dan juga bekerja sama dengan perwakilan WHO di jakarta. Ketika ada kasus di Wuhan, Hubei Tiongkok, pemerintah juga mempersiapkan mengevakuasi 241 WNI.

Pemerintah juga mengevakuasi WNI di kapal World Dream yang dekat Batam, Singapura, yang berjumlah 188 WNI sesuai dengan prosedur protokol kesehatan yang ketat. Mereka pun dibawa ke Pulau Sebaru Kecil. Indonesia juga mengevakuasi 69 orang kru kapal Diamond Princess juga dievakuasi dengan protokol yang ketat lewat bandara Kertajati di Provinsi Jawa Barat. Presiden Jokowi mengklaim penanganan ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menangani persoalan yang ada berkaitan dengan virus Korona.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link