The Forbidden Marriage, Drama Larangan Menikah di Kerajaan Joseon

The Forbidden Marriage, Drama Larangan Menikah di Kerajaan Joseon

Dilarang menikah di Kerajaan Joseon. Perintah itu lahir karena sang raja sakit hati istri tercintanya berpulang tiba-tiba. Namun, semuanya berubah setelah seorang penipu profesional masuk ke istana.

SETELAH tujuh tahun, Raja Joseon Lee Heon (Kim Young-dae) belum bisa move on dari kematian istrinya, Putri Mahkota An Ja-yeon (Kim Min-ju). Sang istri meninggal diduga karena bunuh diri. Selama tujuh tahun pula, dekrit aneh Lee Heon berlaku. Seluruh laki-laki dan perempuan di Kerajaan Joseon dilarang menikah jika sang raja belum mendapatkan calon istrinya.

Gosip pun beredar. Lee Heon dituduh tak kunjung menikah karena gay. Ada pula yang menilai, sang raja mengalami impotensi. Dekrit itu pun membuat kalangan muda di Joseon merana. Pernikahan ilegal menjadi bisnis yang dilirik Ye So-rang (Park Ju-hyun), tukang tipu bandel yang membuka usaha Aedaldang bersama Gwaeng-yi (Choi Duk-moon) dan Hae-young (Jung Bo-min).

Mereka meramalkan peluang jodoh sampai membantu menjodohkan pelanggan dengan laki-laki atau perempuan idaman. Usaha itu laku keras. Sayang, hal tersebut juga memicu kecurigaan kerajaan.

So-rang ditangkap dan terancam dihukum. Namun, dia tak kehabisan akal. Saat menghadap raja, So-rang berpura-pura kerasukan arwah mendiang putri mahkota. Ide dadakan itu menyelamatkannya. Dia diangkat menjadi pelayan istana dengan nama samaran Sun-a, yang harus siap dipanggil setiap saat ketika sang raja kangen mendiang istrinya.

Keberadaan So-rang mengusik Lee Shin-won (Kim Woo-seok), kapten pengawal yang juga sahabat Lee Heon. Sebab, wajah So-rang amat mirip dengan calon istrinya yang tiba-tiba hilang di hari pernikahan. Ketika So-rang, Lee Heon, dan Shin-won mulai bersahabat, muncul seseorang yang mirip putri mahkota. Sang raja pun kembali dibuat bimbang.

Sejak episode awal, The Forbidden Marriage sudah digambarkan sebagai drama romcom fantasi. Setting-nya ada di Joseon versi semesta lain. Sutradara Park Sang-woo mengemas cerita patah hati dengan balutan komedi. Humor yang disajikan tak terduga: dari akting kesurupan yang dramatis sampai parodi Goblin dan Hotel del Luna.

Para cast layak mendapat apresiasi lebih. The Forbidden Marriage adalah proyek sageuk pertama bagi keempat cast utama: Ju-hyun, Young-dae, Woo-seok, dan Min-ju. Mereka mampu menampilkan beragam emosi dan ekspresi dengan apik. Meski demikian, Young-dae mengaku, di episode awal, dirinya cukup kesulitan mendalami tokoh Lee Heon.

’’Range emosinya luas dan sering berubah-ubah. Agak sulit menampilkannya, tapi kuharap kalian bisa ’membaca’ karakter sang raja,” paparnya. Sementara itu, Ju-hyun menilai, So-rang adalah karakter cerdas yang penuh perhatian dan cermat membaca situasi. ’’Tantangannya, karakter ini unik. Tingkahnya aneh terus di sepanjang episode,” imbuhnya.

Perwakilan tim produksi menyatakan, The Forbidden Marriage punya kekuatan di hubungan antarkarakter yang kompleks. Penceritaannya pun menarik karena para tokoh punya cara unik dalam mengekspresikan perasaan. ’’Karena sudah berjalan sampai paro awal, kalian akan melihat lebih banyak momen seru dan plot twist hingga akhir drama,” ungkap pihak produksi dalam rilis resmi MBC.

TRIVIA

– Naskah drama ditulis sendiri oleh seniman webtoon The Forbidden Marriage, Chun Zi-hye.

– Meski dramanya belum tamat, Park Ju-hyun dan Kim Young-dae masuk nominasi Pasangan Terbaik di MBC Drama Awards 2022.

– Episode 7 dan 8 yang dijadwalkan tayang pada 30–31 Desember 2022 ditunda karena penayangan acara akhir tahun MBC. Dua episode itu akan tayang di akhir pekan ini.

– Menurut Park Ju-hyun, adegan Ye So-rang yang paling aneh adalah ketika kerasukan hantu putri mahkota di episode pertama.

– Kim Young-dae mengaku suka olahraga berkuda setelah mengikuti latihan untuk mempersiapkan peran Lee Heon.

– Kim Woo-seok menyatakan, sebelum syuting, proses tata rias dan rambut memakan waktu hingga 1,5 jam.

– Rapper Giriboy, yang punya nama asli Hong Si-young, bakal melakoni debut sebagai aktor. Dia memerankan Jung Do-seok, seniman komik era Joseon.

– Kim Min-ju menjelaskan, mengenakan hanbok selama syuting cukup menyiksa. Saat cuaca panas, bahannya tak menyerap keringat. Tapi, hanbok terlalu tipis ketika syuting di cuaca dingin.

THE FORBIDDEN MARRIAGE

RATING SENSOR: 13+

SUTRADARA: Park Sang-woo

PENULIS NASKAH: Chun Zi-hye

PENYIARAN: MBC, Viki, Prime Video

EPISODE: 12 (sudah tayang 6 episode)

PEMERAN: Park Ju-hyun, Kim Young-dae, Kim Woo-seok, Kim Min-ju

MyDramaList: 8,3/10

AsianWiki: 89%

IMDb: 8,5/10


Credit: Source link

Related Articles