Trakindo gelar Caterpillar Global Operator Challenge 2022 di Bali

Bali (ANTARA) – PT Trakindo Utama pada Rabu menggelar Caterpillar Global Operator Challenge (GOC) 2022 Babak Nasional di Gianyar, Bali, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan operator alat berat dalam menunjang bisnis perusahaan.

“Jadi Global Operator Challenge ini adalah kegiatan tim dari Caterpillar. Tapi memang baru 2 kali dilakukan. Pertama di 2019, harusnya per dua tahun, tapi karena kondisi pandemi jadi baru tahun ini ada lagi,” kata Derry Afifudin Adiwijaya selaku Head of Customer Experience & Marketing Communication PT Trakindo Utama saat dijumpai di Bali, Rabu.

“Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan kemampuan dari operator. Karena operator itu perannya sangat signifikan untuk produktivitas, supaya alat tetap baik bisa berjalan dengan lancar, produksinya bagus, efisien, nah itu perlu operator yang tangkas. Jadi dibuatlah challenge ini,” tambahnya.

Penyelenggaraan lomba di tingkat nasional ini merupakan bagian dari 2022 Caterpillar Global Operator Challenge yang merupakan kompetisi keterampilan operator alat berat yang diadakan Caterpillar secara global untuk mencari operator terbaik di dunia.

Acara ini akan diselenggarakan sejak hari ini pada tanggal 10 hingga 11 Agustus 2022. Pemenang terbaik di ajang ini akan mewakili Indonesia pada kompetisi babak regional di Jepang di bulan Oktober mendatang.

Tahun ini, GOC 2022 diikuti oleh sebanyak 26 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Melalui proses penjurian, akan ada 3 pemenang yaitu National Winner yang menjadi wakil negara di babak regional, lalu 1st Runner Up, dan 2nd Runner Up.

“Penilaiannya tuh macam-macam ya. Mulai dari safety, bukan safety hanya pakai helm dan lain sebagainya. Tapi juga cara dia naik, cara dia mengawali untuk mengoperasikan, itu tuh ada safety-safety yang harus diikuti ya,” jelas Derry.

“Kadang-kadang karena sudah biasa setiap hari jadinya lupa. Nah kita itu sangat mengutamakan safety. Jadi safety itu yang pertama. Setelah itu ada keterampilan mereka, ketepatannya, akurasi dan juga waktu. Itu yang kita lihat,” imbuhnya.

Para peserta akan diberikan berbagai tantangan dan rintangan untuk menguji keahlian, kelincahan, ketahanan, dan akurasi dalam mengoperasikan alat berat dengan tepat guna, sambil tetap memperhatikan faktor keselamatan. Tiga jenis alat berat yang akan digunakan dalam GOC Babak Nasional kali ini yakni Hydraulic Excavator Cat 320 GX, Mini Excavator Cat 305.5E2, dan Medium Wheel Loaders Cat 966GC.

“Harapannya tentu balik lagi kita ingin menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan adalah yang utama. Jadi pelanggan kita merasa mendapat apresiasi, terus kita juga bisa meningkatkan rasa percaya diri para operator. Ini tentunya nanti akan membuat kepercayaan mereka terhadap Trakindo bakalan jadi lebih tinggi lagi,” tutup Derry.

Baca juga: Trakindo rilis “excavator” baru sambut pemulihan ekonomi

Baca juga: Trakindo luncurkan ekskavator hidrolik terbaru, 320GC dan 320

Baca juga: Trakindo luncurkan ekskavator mini irit bahan bakar

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link