Trump: Perusahaan Militer AS Tentang Pemulangan Pasukan dari Suriah

Trump: Perusahaan Militer AS Tentang Pemulangan Pasukan dari Suriah

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Washington, DC, 1 Agustus 2019. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, rencana memulangkan pasukan AS dari Suriah dan negara-negara lain mendapat tentangan keras dari perusahaan militer AS.

Trump mengatakan, menarik militer AS di luar negeri adalah salah satu dari dua janji kampanye utamanya selain membangun tembok  dan bahwa ia bermaksud untuk memenuhi janji itu meskipun menghadapi tentangan di Washington.

“Kami membawa pasukan kami kembali ke rumah,” katanya dalam pertemuan kabinet di Gedung Putih, Senin (21/10).

“Saya terpilih untuk membawa pulang tentara kami. Sekarang, itu tidak terlalu populer di jalur sabuk karena, Anda tahu, Lockheed tidak menyukainya. Dan perusahaan militer yang hebat ini tidak menyukainya. Ini tidak terlalu populer,” sambungnya.

Awal tahun ini, sebuah laporan dari proyek Pengawasan Bantuan Keamanan dari Pusat Kebijakan Internasional menemukan bahwa administrasi Trump berkoordinasi dengan produsen senjata AS menghasilkan USD78,8 miliar dalam transaksi senjata pada 2018 saja.

“Seperempat dari kesepakatan itu melibatkan produksi senjata As di luar negeri,” kata laporan itu.

Trump mengatakan, membawa kembali pasukan adalah apa yang diminta pendukungnya ketika berada di hadapan kerumunan besar 25.000 selama kampanye di Dallas pada hari Kamis.

“Ketika saya mengatakan kami membawa tentara kami kembali ke rumah, tempat itu menjadi gila. Tapi di dalam jalur sabuk pengaman, kau tahu, orang-orang tidak menyukainya. Ini jauh lebih sulit bagi saya. Jauh lebih mudah bagi saya membiarkan tentara kami ada di sana, biarkan mereka terus mati,” katanya.

Ia mengatakan, hal yang paling tidak menyenangkan yang harus dilakukan adalah bertemu dengan keluarga para prajurit yang telah terbunuh atau luka-luka yang berkelanjutan ketika ditempatkan di luar negeri.

“Saya melihat pesawat kargo besar itu terbuka dan saya melihat peti mati itu terguling,” katanya.

Ia merujuk pada keputusan pemerintahannya untuk memindahkan pasukan dari Suriah ke Irak dan mengatakan tidak ingin meninggalkan tentara, mereka harus mengirim pasukan ke tempat lain sebelum kembali ke AS.

“Yah, mereka akan dikirim pada awalnya ke bagian yang berbeda dan bersiap-siap. Kemudian pada akhirnya kita membawa mereka pulang,” kata Trump.

TAGS : Amerika Serikat Donald Trump Militer Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61324/Trump-Perusahaan-Militer-AS-Tentang-Pemulangan-Pasukan-dari-Suriah/

Related Articles