Trump Undang PM Israel dan Pesaingnya ke AS

by

in
Trump Undang PM Israel dan Pesaingnya ke AS

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Washington, DC, 1 Agustus 2019. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com – Presiden Donald Trump, yang diperkirakan akan merilis rencana Amerika Serikat (AS) yang kontroversial mengenai konflik Israel-Palestina, mengundang Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan penantangnya Benny Gantz, ke Washington minggu depan.

“Presiden Trump meminta saya untuk menyampaikan undangan kepada Perdana Menteri Netanyahu untuk datang ke Gedung Putih minggu depan untuk membahas masalah regional, serta prospek perdamaian di sini di tanah Suci,” kata Wakil Presiden AS, Mike Pence.

Berbicara bersama Netanyahu di Kedutaan Besar AS di Kota Tua Yerusalem al-Quds, Pence menambahkan bahwa Trump juga mengundang Gantz untuk datang ke Gedung Putih untuk melihat pratinjau dari rencana tersebut.

Netanyahu menerima undangan itu, dengan menyatakan, “Saya pikir presiden sedang berusaha memberi Israel perdamaian dan keamanan yang layak.”

Sebelumnya, Kamis (23/1), Trump mengaku berencana untuk merilis rencana perdamain tersebut sebelum pertemuannya dengan para pemimpin Israel pada Selasa (28/1).

Baca juga.. :

“Beberapa saat sebelum itu. Mungkin kita akan merilisnya sedikit sebelum itu,” kata Trump kepada wartawan di atas Air Force One saat dalam perjalanan ke Florida.

Rencana AS tentang konflik Israel-Palestina – yang secara luas dilaporkan bias terhadap rezim Tel Aviv – telah ditolak dengan suara bulat oleh semua faksi Palestina, termasuk Hamas dan Otoritas Palestina.

Menantu dan penasihat Trump, Jared Kushner, memimpin upaya perdamaian tersebut, yang dimulai pada awal kepresidenan Trump. Pada bulan Desember, Trump berkata, “Jika Jared Kushner tidak bisa melakukannya, itu tidak bisa dilakukan.”

Kushner telah mengklaim rencana itu akan mencakup unsur-unsur yang tidak akan disukai Israel, namun, Trump telah mengambil serangkaian langkah yang secara luas dilihat untuk memberi tip pada skala yang mendukung Tel Aviv.

Sementara itu, presiden Palestina, Mahmoud Abbas, menolak langkah baru AS tersebut.

“Langkah ini hanya menegaskan kembali penolakan absolut kami atas apa yang telah dilakukan pemerintah AS sejauh ini, terutama pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel,” kata juru bicara Abbas dalam sebuah pernyataan.

Palestina berhenti mengakui AS sebagai mediator dalam konflik dengan rezim Tel Aviv pada 2017, setelah Trump mengakui pendudukan Yerusalem al-Quds sebagai “ibukota” Israel yang menentang hukum internasional.

TAGS : Perdamaian Timur Tengah Amerika Serikat Jared Kushner Benjamin Netanyahu Benny Gantz

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/66264/Trump-Undang-PM-Israel-dan-Pesaingnya-ke-AS/