Turki Ancam AS dengan Sanksi Balasan

by

in
Turki Ancam AS dengan Sanksi Balasan

sistem rudal pertahanan udara S-400 canggih di lokasi yang dirahasiakan di Rusia. (Foto oleh kantor berita Sputnik)

Ankara, Jurnas.com – Turki berjanji akan membalas dalam bentuk barang jika Amerika Serikat (AS)menjatuhkan sanksi atas pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia dan menandatangani perjanjian gas alam dengan Moskow.

Rusia dan Turki menyelesaikan perjanjian pengiriman S-400 pada Desember 2017. Pada bulan Juli, Kementerian Pertahanan Turki mengatakan negara tersebut telah menerima pengiriman pertama yang berisi suku cadang S-400.

Erdogan sudah berulang kali mengatakan, pembelian sistem rudal permukaan keudara jarak menengah dan panjang sebagai kesepakatan yang sudah selesai.

Perjanjian pertahanan itu datang meskipun ada tentangan keras dari AS. Washingtong mengklaim, peralatan Rusia tidak sesuai dengan sisa perangkat keras militer yang dimiliki aliansi militer Barat NATO.

Sebuah perjanjian juga telah ditandatangani pada Oktober 2016 tentang pembangunan pipa gas TurkStream yang akan membawa gas alam Rusia ke Turki. Pekerjaan konstruksi dimulai pada Mei 2017 dan proyek dijadwalkan untuk mulai beroperasi pada awal 2020.

Baca juga.. :

Kongres AS akan memberi sanksi kepada Ankara atas perjanjian ganda Rusia-Turki. Namun, Erdogan,”Ini adalah pelanggaran hak kami dalam arti sepenuhnya. Tentu saja kami akan memiliki sanksi sendiri terhadap semua ini.”

Menanggapi perjanjian pertahanan, AS juga mengurangi Ankara dari proyek internasional yang bertujuan untuk membangun pesawat tempur F-35 Amerika.

Selama masa kepresidenan Erdogan, Washington, dalam beberapa kesempatan, mengeluarkan ancaman yang dapat diucapkan terhadap Ankara sebelum melunakkan nadanya dan menarik kembali posisinya dalam waktu yang sangat singkat.

Pada 14 Oktober, negara itu menyetujui beberapa menteri dan departemen Turki atas serangan baru Turki yang menargetkan militan Turki yang didukung AS di Suriah utara tetapi mencabut larangan itu hanya sembilan hari kemudian.

Para pengamat mengatakan keberadaan geopolitik Turki, yang telah membuatnya terjepit di antara Rusia dan sekutu setia AS di Eropa, mencegah Washington konfrontasi jangka panjang dengan Ankara.

TAGS : Sanksi Amerika Serikat S-400 Rusia

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/64396/Turki-Ancam-AS-dengan-Sanksi-Balasan/