Umat Hindu Dukung PPKM Diperpanjang, Bansos Perlu Efisiensi

by

in

JawaPos.com – Kalangan umat Hindu Indonesia mendukung keputusan terbaru pemerintah yang memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai 25 Juli mendatang. Ini dirasa tepat melihat kasus Covid-19 yang masih tinggi dan demi memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat.

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI) I Nyoman Widia mengatakan, pihaknya memahami langkah yang dibuat pemerintah karena sebagai bagian ikhtiar untuk mengendalikan persebaran virus Covid-19 secara luas. Imbas dari perpanjangan ini pasti berpengaruh banyak terhadap kehidupan masyarakat baik perekonomian, pendidikan, keagamaan, sosial dan sebagainya. Di sisi lain, PPKM juga cukup efektif dalam menekan laju kasus baru Covid di Tanah Air.

“Bantuan sosial sangat diharapkan untuk masyarakat terdampak, terutama masyarakat yang berpenghasilan harian. Bantuan bagi usaha mikro informal ini sangat membantu mereka. Di situasi yang sulit ini mari kita terus tetap berkreasi semampunya dengan tetap mematuhi prokes. Kita berharap pandemi segera berakhir dan situasi kembali normal,” kata di dalam keterangannya, Rabu (21/7).

Baca Juga: Jokowi: Mulai 26 Juli PPKM Darurat Dibuka Secara Bertahap

Dukungan atas perpanjangan PPKM juga disampaikan Dewan Pimpinan Pusat Prajaniti Hindu Indonesia. Ketua Umum DPP Prajaniti Hindu Indonesia KS Arsana menilai, meski pilihan yang tidak mengenakkan, namun perpanjangan PPKM Darurat adalah strategi terbaik saat ini untuk menurunkan Covid.

Menurutnya, berhasil atau tidaknya penerapan PPKM Darurat juga dipengaruhi sejauhmana masyarakat dalam memberikan dukungan seperti menjalankan prokes secara benar, tidak menyebarkan informasi hoaks soal Covid-19 dan lain sebagainya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking


Credit: Source link