WNA dari ASEAN Bebas Masuk Indonesia

WNA dari ASEAN Bebas Masuk Indonesia

Imigrasi Keluarkan Kebijakan Bebas Visa Kunjungan

JawaPos.com – Pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan bebas visa kunjungan khusus wisata (BVKKW) bagi orang asing dari sembilan negara ASEAN. Bukan hanya itu, pemerintah juga memperluas cakupan kebijakan pemberian visa kunjungan saat kedatangan/visa on arrival (VoA) khusus wisata (VKSKKW) untuk orang asing dari 43 negara.

Aturan tersebut mulai berlaku kemarin (6/4) sesuai dengan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Nomor IMI-0549.GR.01.01 tanggal 5 April 2022 tentang Kemudahan Keimigrasian dalam rangka Mendukung Pariwisata Berkelanjutan pada Masa Pandemi Covid-19. Secara bersamaan, SE Dirjen Imigrasi No IMI-0532.GR.01.01 Tahun 2022 dicabut dan tidak berlaku.

Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Amran Aris menjelaskan, orang asing yang bisa masuk ke Indonesia berdasar SE terbaru itu hanya melalui 19 tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) yang ditunjuk. Di antaranya Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta dan Ngurah Rai Bali.

Kualanamu di Medan dan Juanda Surabaya juga masuk daftar bandara yang ditunjuk sebagai TPI. Begitu pula Bandara Hasanuddin Makassar, Sam Ratulangi Manado, dan Jogjakarta. Selain bandara, ada beberapa pelabuhan laut di Kepulauan Riau yang ditunjuk sebagai TPI. Antara lain Nongsa Terminal Bahari, Batam Centre, Sekupang, Citra Tri Tunas, dan Marina Teluk Senimba.

”Ada tujuh bandara, delapan pelabuhan, dan empat pos lintas batas yang ditunjuk sebagai pintu masuk untuk subjek BVKKW/VKSKKW,” jelas Amran melalui keterangan tertulis kemarin.


Credit: Source link

Related Articles