Zulhas Dukung Sandi Uno, Golkar Tetap Komitmen Usung Airlangga

by

in

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zukifli Hasan menyatakan keinginannya mendukung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Pilpres 2024. Pasalnya, bukan pertama kalinya PAN bekerjasama dengan Sandi. Partai tersebut juga mengusung Sandi bersama Prabowo Subianto di Pilpres 2019 lalu.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Firman Soebagyo menilai wajar langkah Zulhas. Dia menyakini Zulhas tetap berkomitmen dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Tentunya itu kan hak dari partai masing-masing tapi yang jelas bahwa kita kan sudah berkomitmen dalam koalisi,” kata Firman di Komplek DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

“Nggak perlu kita risaukan. Biasalah dalam politik itu ada dinamika kalau ada daerah yang menyampaikan aspirasi itu tentunya wajar, tetapi tentunya nanti sikap akhir akan ditentukan melalui para petingi-petinggi dan partai tiga koalisi itu,” imbuhnya.

Firman mengatakan, KIB akan duduk bersama dalam menentukan Capres-Cawapres yang akan diusung. Para ketua umum diyakini memahami hal tersebut.

“Wacana-wacana itu ya biasa saja jadi tidak perlu di khawatirkan karena tentunya beliau Pak Airlangga, Pak Soeharso, dan Pak Zulkifili sudah tahu arah kebijakan politik yang akan ditentukan ke depan,” jelasnya.

Di sisi lain, Golkar tetap pada keputusannya untuk mengusung Ketua Umumnya Airlangga Hartarto sebagai Capres. Hal itu hanya bisa dianulir jika Airlangga memiliki pertimbangan lain pada 2024 mendatang.

“Kalau Golkar konsisten dengan keputusan Munas karena keputusan Munas itu kan sampai sekarang Pak Airlangga calon satu satunya dari Golkar oleh karena itu keputusan Munas tidak bisa dianulir,” pungkas Firman.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan


Credit: Source link