13 Cara Menutup Akun Facebook Secara Permanen

0

Cara Menutup Akun Facebook Secara Permanen – Buat kamu yang punya akun FB memang pada awal kemunculannya menjadi trend tersendiri dan banyak sekali fokus ke akun FB daripada kegiatan lainnya. Memang ada sisi positif dan negatifnya, namun tidak menutup kemungkinan bahwa akun FB dibajak dan disalahgunakan oleh sebagian orang.

Bagi kamu yang punya akun FB sebagai sarana menambah teman dan membuka peluang bisnis memang tidak perlu menghiraukan akan berita yang masuk. Kamu bisa menyaring teman yang add atau memblokir teman yang terlanjur masuk.

Apabila kamu masih tetap ingin menghindari FB dengan cara menutup akun facebook selamanya ada solusinya kok, ada juga cara saat kamu rehat dari FB untuk waktu beberapa saat dan menunggu waktu yang tepat untuk mengaktifkannya kembali. Simak ulasannya berikut yuk!

Cara Menutup Akun Facebook Secara Permanen dan Hapus Akun Facebook

cara menutup akun facebook secara permanen

Saat kamu membuat FB baru akan ada email dan password terlebih dahulu sebagai modal masuk di FB dan mendapatkan akun FB ya? Nah, email yang kamu buat inilah nanti bisa dimasukkan ke berbagai medsos dan harus tetap aktif. Akan tetapi, jika FB kamu ingin ditutup dan dihapus maka bisa dilakukan secara permanen tanpa menghilangkan email yang telah kamu buat.

Proses penghapusan secara permanen harus kamu pikirkan dengan baik mengingat FB adalah sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan kamu dengan berbagai teman di seluruh dunia. Namun, mungkin karena berita yang tidak kamu sukai atau pernah dibajak sehingga kamu kesal maka tak mengapa jika harus ditutup permanen. Ini dia cara mematikan akun facebook:

  1. Buka akun FB kamu dan lihat apakah ada data yang bisa disalin seperti foto, file penting sebagai bentuk kenang-kenangan di masa lalu
  2. Setelah semua sudah disalin, maka kamu masuk ke halaman muka FB yang menampilkan foto profil
  3. Carilah simbol segitiga terbalik pada bagian pojok kanan atas, biasanya berwarna biru
  4. Klik tombol itu hingga muncul kotak dengan berbagai pilihan seperti pengaturan, keluar, dan sebagainya
  5. Kamu klik pada kolom “pengaturan”
  6. Muncul kotak “informasi facebook anda” pada bagian kolom sebelah kiri
  7. Bagian kiri ini ada banyak pilihan perintah, namun bagian bawah sendiri ada tulisan “menonaktifkan dan menghapus akun”
  8. Kamu bisa klik “non aktif dan hapus akun”
  9. Muncul kotak “hapus akun”
  10. Klik juga “lanjutkan ke penghapusan akun”
  11. Muncul kotak dengan perintah memasukkan password atau kata sandi FB kamu, tulis dan klik lanjutkan
  12. Muncul kotak lagi dengan tulisan “hapus”, dan klik
  13. Akun FB kamu akan resmi terhapus dalam waktu yang cukup lama

Konsekuensi kamu jika menonaktifkan dan menghapus akun FB adalah sebagai berikut:

  1. Kamu yang mengirim pesan kepada teman sesaat sebelum dihapus masih bisa terlacak dan terlihat namun setelahnya tidak bisa lagi
  2. Kamu tidak bisa mengaktifkan kembali akun FB kamu dengan email yang sama.
  3. Semua data yang ada di FB akan terhapus secara otomatis dan tidak bisa diambil atau diunduh setelah proses terjadi
  4. Kamu juga akan terhenti dalam menggunakan FB messenger
  5. Kamu secara otomatis akan terblokir ketika ikut dalam komunitas konten lain seperti pinterest, spotify yang dasarnya memakai akun FB
  6. Kamu tidak bisa melihat FB teman lainnya sehingga semua kabar akan berhenti dan bisa jadi kamu akan kesulitan saat ada kebutuhan dalam dunia maya.
  7. Setelah akun FB kamu dihapus permanen, semua add pertemanan akan hilang dan untuk mendapatkannya lagi kamu harus add satu per satu
  8. Pesan dari teman kamu yang masuk tidak akan terbaca kecuali kamu mengaktifkan lagi akun FB sebelum masa berlakunya habis.

Ada beberapa ketentuan setelah proses penghapusan akun FB:

  1. Apabila dalam waktu kurang dari 30 hari setelah kamu menghapus akun FB dan ingin membatalkan bisa saja
  2. Setelah 30 hari, kamu tidak bisa membatalkan penghapusan dan sudah mulai proses penghapusan selama 90 hari ke depan
  3. Dalam waktu 90 hari kamu tidak bisa mengakses ulang FB kamu dan semua telah terhapus secara otomatis oleh pihak pusat

Namun, ada sedikit kelonggaran jika kamu merasa masih ingin mengaktifkan kembali dengan cara sebagai berikut:

  1. Kamu masih bisa masuk ke FB pribadimu dan klik simbol segitiga pojok kanan atas
  2. Klik “pengaturan” dan cari kotak “batalkan penghapusan”
  3. Perlu kamu ingat bahwa pembatalan penghapusan ini hanya bisa dilakukan sebelum 30 hari

Ketika akun FB kamu sudah dihapus maka jika kamu ikut mengunduh aplikasi FB messenger tidak akan bisa masuk. Namun, jika kamu tidak mengunduh FB messenger maka tidak perlu dihapus.

Kelebihan jika kamu menghapus akun FB pribadi:

  1. Semua informasi yang berbau negatif tidak bisa masuk
  2. Tidak bisa dibajak atau dihack

Indonesia merupakan negara dengan peringkat ke 4 dalam penggunaan FB terbanyak di dunia. Maka, orang luar menilai bahwa karakter orang Indonesia ini terbuka dan mudah untuk bersosialisasi. Kendati demikian, berita yang masuk ke FB terkadang menjadikan berita simpang siur dan dalam hal ini sebaiknya bijaksana menanggapi berita yang masuk.

Pihak FB pusat sengaja memberikan fitur blokir, non-aktif hingga penghapusan guna membatasi segala macam berita miring yang masuk ke akun FB orang. Tidak sebatas berita saja, mungkin dengan adanya cara menghapus akun facebook permanen tersebut membatasi orang untuk berbuat menyimpang misalnya saja setelah menikah sebaiknya tidak ada hubungan dengan mantan pacar.

Sebenarnya tidak mengapa asalkan bisa membatasi diri dan tidak terlalu sering melihat FB sang mantan. Orang dengan sifat laten akan terus ingin tahu apa saja kegiatan sang mantan dan hal ini bisa merusak rumah tangga.

Cara Menonaktifkan FB

cara menutup akun facebook secara permanen

Ketika kamu mendapatkan berita miring yang masuk ke FB pribadi dan capai untuk menghapus berita itu, bahkan telah melakukan pemblokiran namun tetap bisa masuk maka bisa dengan menonaktifkan sementara. Jika kamu ingin menonaktifkan akun FB akan ada konsekuensi seperti:

  1. Akun FB bisa aktif kembali untuk waktu yang diinginkan
  2. Orang lain tidak bisa melacak kamu di linimasa kamu
  3. Untuk pesan yang dikirimkan masih bisa terlacak
  4. Data yang ada di akun FB kamu masih selamat dan tidak dihapus
  5. Kamu masih bisa berlangganan aplikasi lainnya yang bekerja sama dengan FB seperti pinterest, games dan spotify
  6. Kamu masih bisa chat menggunakan FB messenger dan berkirim pesan namun akun FB kamu beku sementara

Cara Menonaktifkan FB

  1. Kamu masuk dengan email dan password FB
  2. Buka halaman utama yang menampilkan foto profil kamu
  3. Cari simbol segitiga terbalik di pojok kanan atas lalu klik
  4. Muncul opsi dan klik bagian pengaturan
  5. Klik pada kolom sebelah kiri “informasi FB anda”
  6. Klik pada opsi “nonaktifkan dan penghapusan”
  7. Kamu klik “nonaktifkan akun”
  8. Akan muncul kotak “lanjutkan ke penonaktifan akun”
  9. Kamu akan mendapatkan petunjuk ketentuan dalam penonaktifan akun

Dalam masa non aktif ini tidak dibatasi kurun waktu tertentu, sehingga anda masih terdaftar dalam anggota FB. Pihak FB pusat akan menilai bahwa anda tidak pernah aktif karena menghindari konten berbau negatif ataukah memang kesibukan.

Orang lain akan tahu bahwa FB kamu sedang dalam masa istirahat dan percuma jika ingin membajak atau mengirimkan konten berita kepada kamu. Semua berita tidak akan masuk dan terekam namun, kamu masih bisa melihat FB teman kamu lainnya.

Saat FB messenger kamu aktif dan melakukan komunikasi maka semua akan berjalan seperti biasa namun jika kamu ingin menonaktifkan FB messenger caranya sebagai berikut:

  1. Kamu buka messenger dan cari foto profil kamu
  2. Klik pada bagian pojok kiri atas dan temukan kolom kebijakan dan ketentuan
  3. Klik nonaktifkan messenger
  4. Tunggu beberapa saat dan kamu akan mendapatkan konfirmasi penonaktifan messenger

Cara Blokir FB Pribadi

Terkadang memang dalam berkomunikasi lewat medsos ada saatnya menemukan kejenuhan karena lawan bicara kita menampakkan sikap yang kurang berkenan. Jika hal ini dibiarkan lambat laun akan mengganggu kamu ya, tapi untuk beberapa orang bisa cuek dalam menghadapi hal ini.

Untuk kamu yang punya rasa canggung atau tidak enak memblokir lawan bicara atau teman bisa melakukan blokir pribadi yaitu cara blokir facebook sendiri tanpa diketahui oleh teman.

Cara Tutup Akun Facebook:

 

cara menutup akun facebook secara permanen

  1. Kamu masuk ke akun FB pribadimu
  2. Lihat pada bagian atas atau top toolbar, temukan simbol gembok dan klik
  3. Akan muncul kotak dialog yang berisikan banyak pertanyaan, lihat bagian bawah kotak dan temukan kalimat ”lihat pengaturan lain”
  4. Setelah itu klik dan muncul kotak baru yang berisikan kolom keamanan di sebelah kiri
  5. Kamu klik dan muncul opsi untuk “menonaktifkan akun anda”, lanjutkan
  6. Klik sunting
  7. Setelah itu, akan muncul kotak dialog yang berisi “nonaktifkan akun anda”
  8. Kamu bisa ketik password dan klik kotak “tutup”

Dengan cara ini, maka kamu tidak akan dikenali lagi oleh teman yang dirasa tidak diinginkan. Blokir FB sendiri ini berlaku sementara artinya nanti blokiran bisa dibuka kembali dan teman kamu yang tidak diinginkan mungkin telah menganggap FB kamu ganti.

Dalam proses pemblokiran ini ada konsekuensi yang sama dengan proses penonaktifan FB pribadi sementara. Hanya saja untuk blokir ini bisa dikhususkan untuk seseorang, jika nonaktif untuk semua orang.

Baca juga : Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

FB adalah sebuah aplikasi dalam dunia maya yang sejatinya bertujuan baik dan positif namun semua hal yang dibuat tentunya ada pro dan kontra. FB merupakan salah satu aplikasi yang lengkap menyajikan fitur dan segudang pertanyaan jika kamu butuhkan.

Di dalam FB kamu bisa tahu teman yang sering melihat FB kamu, menolak add teman, blokir teman, hapus akun, cara mengubah nama profil, mengganti foto profil dan daya penyimpanan file yang cukup besar. Gunakan FB dengan baik sebagai sarana bisnis atau pertemanan yang positif. Bagaimana informasi di atas cukupkan untuk menambah pengetahuan seputar FB?

Leave A Reply

Your email address will not be published.