Menko Airlangga Dorong Investasi Otomotif Agar RI Jadi Pemain Global

JawaPos.com-Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto mendorong pertumbuhan investasi sektor otomotif di tanah air. Menurutnya, hal tersebut guna mendorong RI agar bisa bertransformasi sebagai pemain global dalam industri kendaraan listrik.

Menurut paparannya, industri otomotif terus mencatatkan kinerja yang memuaskan dan menjadi salah satu sektor yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Catatan tersebut bahkan meneruskan tren pemulihan dan mampu tumbuh hingga mencapai 10,26 persen pada kuartal ketiga 2022 dan dinilai mampu menyerap tenaga kerja langsung dalam jumlah yang cukup besar.

“Pemerintah juga memberikan dukungan bagi industri otomotif Indonesia untuk bertransformasi sebagai pemain global dalam industri kendaraan listrik serta terus mendorong investasi untuk mendukung peluang pengembangan kendaraan listrik di Indonesia,” kata Airlangga saat menyampaikan sambutan dalam kunjungan kerja ke PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang, Selasa (27/12).

Lebih lanjut, ia mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran CEO dan Pimpinan Direksi dari PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia atas kiprahnya dalam memproduksi mobil listrik di Indonesia. ’’Ini dengan teknologi elektrifikasi tentu bisa menjadi salah satu cara untuk mencapai net zero emission,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga menyampaikan apresiasi atas penggunaan fasilitas latest VR technology untuk dapat mendukung pengembangan industri manufaktur di PT HMMI.  ’’Jadi kita mendorong agar elektrifikasi ini berhasil dan tentunya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Hyundai Motor dan saya lihat bahwa ini salah satu yang paling modern dan mementingkan terkait dengan kenyamanan pekerja,” ujar Airlangga.

Usai menyampaikan sambutan, dia melakukan peninjauan perkembangan pabrik PT HMMI yang memiliki luas lahan sekitar 77,7 hektare. Selain itu, Menko Airlangga juga berkesempatan melakukan test drive salah satu mobil listrik keluaran Hyundai yakni Ioniq Prime Xtend Black.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya yakni Menteri Perindustrian, Presiden Hyundai Motor Asia Pacific, Perwakilan Duta Besar Korea Selatan, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian, serta Staf Khusus Menko Perekonomian. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri


Credit: Source link