Realisasi Investasi Hulu Migas Tahun 2022 Capai Rp 182 Triliun

Realisasi Investasi Hulu Migas Tahun 2022 Capai Rp 182 Triliun

JawaPos.com – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas atau SKK Migas mencatat realisasi investasi tertinggi dalam kurun 7 tahun terakhir sejak tahun 2016. Realisasi investasi hulu migas 2022 mencapai USD 12,3 miliar atau setara dengan Rp 182 triliun.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, angka tersebut bahkan melampaui investasi hulu migas sebelum pandemi Covid-19 yang tercatat sebesar USD 11,7 miliar.

“Realisasi investasi hulu migas tahun 2022 yang merupakan tertinggi dalam 7 (tujuh) tahun terakhir sejak 2016 menunjukkan upaya meningkatkan iklim investasi sektor hulu migas telah menunjukkan kemajuan dan peningkatan daya saing yang signifikan,” kata Dwi dalam konferensi pers Capaian Kinerja SKK Migas Tahun 2022 dan Target Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (18/1).

Ia menjelaskan, kinerja investasi hulu migas nasional pada tahun 2022 tercatat naik 13 persen dibandingkan tahun 2021. Bahkan, tercatat lebih baik dibandingkan rata-rata kenaikan investasi global yang hanya naik sebesar 5 persen.

Bagi Dwi, hal ini tentu tidak bisa lepas dari dukungan yang diberikan oleh Pemerintah, baik dalam bentuk insentif maupun kemudahan-kemudahan lainnya.

“Selain itu, kami juga lebih aktif melakukan jemput bola, melakukan promosi dan tidak menunggu investor datang,” jelasnya.

Dwi menambahkan bahwa keberhasilan dalam meningkatkan daya saing industri hulu migas nasional yang ditandai dengan meningkatnya investasi adalah salah satu pencapaian positif dari transformasi SKK Migas yang telah dimulai sejak tahun 2019.

Menurutnya, peningkatan angka investasi yang diperoleh sektor hulu migas ini sama dengan tingginya kepercayaan terhadap industri hulu migas nasional. Dalam hal ini, para investor percaya bahwa industri hulu migas akan terus berkelanjutan.

Sementara itu, SKK Migas pada tahun 2023 menargetkan investasi hulu migas sebesar USD 15,5 miliar. “Meningkat 26 persen dibandingkan realisasi investasi 2022 lebih tinggi dibandingkatan peningkatan investasi global yang sebesar 6,5 persen,” pungkas Dwi.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : R. Nurul Fitriana Putri


Credit: Source link

Related Articles