Simak 4 Crypto Influencer Terkenal asal Indonesia ini!

Simak 4 Crypto Influencer Terkenal asal Indonesia ini!

Jika kalian ingin memulai dalam dunia Cryptocurrency, mungkin 4 nama Crypto Influencer terkenal ini bisa menjadi referensi kalian. 1. Eileen Kamtawijoyo · 2. Steven Suhadi · 3. Tessar Napitupulu · 4. Angga Andinata.

Semakin berkembangnya era digital, semakin banyak hal yang dapat diciptakan dalam bentuk virtual, salah satunya adalah mata uang Kripto.

Apa Itu Crypto?

Kripto adalah mata uang digital yang menggunakan kriptografi sebagai jaminan. Sejarah awalnya dimulai saat ahli kriptografi Amerika bernama David Chaum menggunakan e-cash yang kemudian dikatakan sebagai uang eletronik pertama. Transaksi uang elektronik pada awalnya membutuhkan penggunanya untuk memakai perangkat lunak untuk menarik catatan dari bank dan menunjuk kunci terenskripsi tertentu sebelum dapat dikirim ke penerima.

Kode rumit dari setiap blok Kripto dibuat menggunakan mesin mining dan setiap blok berisi transaksi mengenai penciptaan satu koin dan historisnya sehingga mata uang Kripto tidak memiliki bentuk fisik. Kemudian blok tersebut saling terangkai dan membentuk rangkaian kode digital yang biasa disebut blockchain. Hasil mining dari dalam blockchain tersebut dinamakan Koin. Koin-koin itulah yang dikenal sebagai Mata Uang Kripto.

Jenis Cryptocurrency

Cryptocurrency memiliki banyak jenis, beberapa contohnya seperti ehtereum, litecoin, ripple, stellar, atau yang paling terkenal, yaitu Bitcoin yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto dan mulai diperkenalkan pada tahun 2008 dalam bukunya. Setahun kemudian ia merilis secara perdana mata uang kripto Bitcoin kepada publik. Tahun berikutnya baru mulai bermunculan mata uang Kripto lainnya dan menyebabkan harga mata uang Kripto mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Masing-masing mata uang Kripto divaliditasi oleh blockchain yang berisi daftar catatan yang terus tumbuh dan blok-blok tersebut dihubungkan dan diamankan oleh kriptografi. Blockchain digunakan sebagai buku besar yang terbuka dan dikelola oleh jaringan peer-to-peer secara kolektif mengikuti protokol untuk memvalidasi blok baru. Cryptocurrency digunakan terutama diluar perbankan dan lembaga pemerintah yang ada dan dipertukarkan melalui internet.

Kripto tidak memiliki bentuk fisik, dengan kata lain hanya berbentuk virtual sehingga hal ini memungkinkan mata uang tidak dapat dilacak oleh bank penerbit, pemerintah, atau pihak ketiga mana pun. Cryptocurrency mulai masuk ke Indonesia dengan munculnya Bitcoin pada tahun 2013 dan tetap berkembang hingga saat ini.

Kemudian muncul pihak yang disebut Exchanger yang memberikan tempat atau platform bagi pengguna untuk melakukan jual beli Bitcoin. Exchanger menyediakan sistem OTC (Over The Counter) sebagai pihak ketiga dimana pengguna dikenakan PPN sebesar 10 persen dan adanya sistem split harga. Selain melalui Exchanger, Cryptocurrency masuk ke Indonesia juga melalui wisatawan asing yang menukarkan mata uang ke money exchanger, beberapa penginapan seperti villa yang menyediakan pembayaran menggunakan mata uang Kripto atau melalui reward berupa Bitcoin dari komunitas-komunitas.

Crypto Influencer

Nah, karena semakin banyaknya peminat Cryptocurrency di Indonesia, peminat untuk memanfaatkannya sebagai investasi pun semakin banyak. Dalam perkembangan ini munculah sosok seperti Influencer Crypto terkenal yang dapat menjadi platform atau tempat belajar maupun mengikuti perkembangan. Nama-nama Influencer Crypto Indonesia ini bisa jadi referensi kalian untuk belajar tentang mengenai Kripto dan cara memanfaatkan untuk mendapat keuntungan yang maksimal!

  1. Steven Suhadi

 

Crypto Influencer asal Indonesia, Steven Suhadi
Crypto Influencer asal Indonesia, Steven Suhadi

Nama Steven Suhadi tidak asing dikomunitas blockchain karena ia merupakan salah satu pendiri Asosiasi Blockchain Indonesia, yaitu asosiasi yang memfasilitasi percepatan adopsi teknologi blockchain di era industri 4.0 dan meningkatkan pemahaman mengenai teknologi blockchain. Dalam beberapa kesempatan, Steven memaparkan dan menyampaikan pemikirannya mengenai blockchain dan aset kripto pada berbagai acara seminar dan konferensi blockchain. Ia juga aktif sebagai speaker dalam webinar dan menjadi bintang tamu dalam beberapa channel Youtube yang membahas mengenai Cryptocurrency.

Selain itu, Steven juga merupakan Co-founder Coinvestasi, yaitu sebuah platform Indonesia untuk acara dan informasi terkait mata uang Kripto, aset digital, dan teknologi blockchain. Maka dari itu, ia terlibat cukup dalam dan memiliki pengaruh yang besar terhadap industri blockchain dan Cryptocurrency di Indonesia. Jika kalian ingin mempelajari dan mengikuti perkembangan blockchain dan Cryptocurrency di Indonesia, kalian bisa mengunjungi akun Twitter resmi @stevensuhadi atau akun Twitter resmi Asosiasi Blockchain Indonesia @Blockchainindo dan akun Youtube Asosiasi Blockchain Indonesia.

  1. Eileen Kamtawijoyo

Influencer Crypto, Eileen Kamtawijoyo.
Influencer Crypto, Eileen Kamtawijoyo.

Diantara pengguna Kripto, Eileen Kamtawijoyo mungkin sudah terdengar familiar. Eileen merupakan Co-founder Populix yang merupakan sebuah platform yang mengumpulkan data dari responden diseluruh Indonesia yang membantu dalam bisnis, akademik, institusi, pemerintahan, dan lainnya mendapatkan data yang akurat, terpercaya, dan nyata.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by POPULIX (@populix.co)

Setelah lulus sebagai Sarjana Manajemen dari Universitas Cambridge, Eileen mendirikan Populix pada tahun 2018 dan pada tahun 2020 sukses terpilih sebagai sebagai salah satu dari 10 perusahaan startup untuk batch kedua program Xcelerate dari Gojek.

Wanita yang masuk dalam jajaran Forbes 30 Under 30 pada tahun 2020 ini kerap membagikan informasi mengenai mata uang kripto termasuk dalam platform yang didirikannya, Populix dan dapat dilihat pada akun Linked in miliknya, yaitu Eileen K.

  1. Tessar Napitupulu

Tessar Napitupulu Crypto Influencer

Tessar Napitupulu adalah Founder & Director Arfadia Digital Indonesia, sebuah digital marketing agency & creative media company yang menyediakan 360 marketing, SEO (Search Engine Optimization), PPC (Pay Per Click), PR (Public Relation), Social Media, dan Video untuk kebutuhan pemasaran.

Saat ini ia sedang aktif dalam menggunakan ICO (Initial Coin Offering). ICO sendiri merupakan bentuk pengumpulan dana publik secara digital berbasis blockchain yang digunakan startup untuk mendapatkan modal dengan cara menjual token. Menurut FINMA (Otoritas Pengawas Pasar Keuangan Swiss), ada tiga jenis token yang ditawarkan ICO, yaitu Payment Token, Utility Token, dan Asset Token.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tessar (@tarava23)

Pembayaran token sendiri diperlakukan seperti mata uang asing oleh Bank Indonesia, namun Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi telah mengakui ICO sebagai komoditas berjangka untuk spot dan future transaction. Tessar banyak membagikan informasi mengenai Cryptocurrency melalui akun Instagramnya @tarava23 dan juga melalui akun Linked in miliknya “Tessar Napitupulu”. Saat ini Tessar merupakan influencer untuk Robot Trading Crypto dengan Bot dari Cointech2u.

 

  1. Angga Andinata

Influencer Crypto terkenal, Angga Andinata.
Influencer Crypto terkenal, Angga Andinata.

Jika berbicara mengenai educator financial dan keuangan, nama Angga Andinata mungkin dapat menjadi salah satu crypto influencer yang bisa diikuti. Angga aktif pada akun Instagramnya @angga.andinata dalam membahas mengenai Cryptocurrency. Membahas perkembangan dan tips-tips dalam menggunakan Cryptocurrency.

Angga juga aktif memberi informasi mengenai Crypto sebagai pembicara dalam acara seminar online atau pada channel Youtubenya “Angga Andinata” dengan jumlah subscriber sebanyak 370 ribu, ia kerap berbagi strategi dalam berinvestasi, menggunakan Crypto untuk meraup keuntungan atau hal-hal yang perlu dihindari dalam berinvestasi. Pada akun Twitternya @anggaandinata pun ia sangat aktif membahas perkembangan Cryptocurrency. Sebagai crypto influencer, ia aktif memberi informasi mengenai perkembangan market Crypto dan tips lainnya mengenai keuangan.

Jadi, itulah nama-nama Influencer Crypto Indonesia yang bisa diikuti. Melalui media atau platform yang ada, mereka membagikan informasi mengenai Crypto yang bisa dipelajari untuk mengelola aset Crypto kalian dengan tepat.

FAQ:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Siapa Top Crypto Influencer Terkenal di Indonesia?” answer-0=”1. Eileen Kamtawijoyo · 2. Steven Suhadi · 3. Tessar Napitupulu · 4. Angga Andinata. ” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Apa itu influencer?” answer-1=”Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar dalam mempromosikan sebuah brand atau barang” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Apa itu Crypto?” answer-2=”Crypto adalah mata uang digital yang sudah terenkripsi dengan logaritma yang canggih. Sehingga semuanya mulai dari pergerakan dan pengumpulan dana bisa dipantau secara digital” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]

Related Articles