Ubah Gaya Hidup, Cegah Penyakit ISPA pada Anak karena Polusi Udara

Ubah Gaya Hidup, Cegah Penyakit ISPA pada Anak karena Polusi Udara

JawaPos.com – Bukan rahasia lagi, kualitas udara yang terpapar polusi di kota-kota besar menjadi salah satu masalah kesehatan bagi masyarakat. Khususnya untuk pernapasan. Tak terkecuali anak-anak yang aktif beraktivitas di luar ruangan.

Tentunya, hidup berdampingan dengan polusi udara menjadi tantangan bagi orang tua. Bahkan, organisasi PBB pemerhati hak anak, UNICEF, menyebutkan, sebanyak 300 juta anak terpapar polusi udara setiap harinya.

Ashtra Dymach, Founder dan Content Creator HaloIbu mengatakan, sebagai masyarakat yang hidup di kota memang harus menerima beraktivitas sehari-hari dengan polusi udara dan tidak dapat dihindari. Untuk itu, perlu adanya kesadaran menjaga kesehatan keluarga dan melakukan perubahan-perubahan kecil dalam gaya hidup dengan lebih memperhatikan lingkungan. Sehingga memiliki dampak positif bagi kehidupan.

“Jadi, tinggal di ibukota sebagai seorang ibu itu serba salah juga sih. Kalau melakukan 100 persen green living kayaknya gak bisa sih, but try for small gesture. Anak butuh keluar rumah buat main outdoor, itu penting banget anak keluar butuh ketemu temen-temennya,” ujarnya baru-baru ini.

Lantas apa saja sih yang bisa dilakukan untuk bisa menjaga kulitas udara tetap baik di lingkungan rumah?

Ada beberapa langkah kecil yang bisa dilakukan. Misalnya tidak membakar sampah sembarangan. Lalu ajarkan untuk anak perbanyak minum air putih dan makanan bergizi yang cukup tiap harinya. Bisa juga menggunakan penyaring udara dalam rumah.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah


Credit: Source link

Related Articles